Share This Post

Infrastruktur

Jepang Negara dengan Infrastruktur Terbaik

View of Mt Fuji and Tokaido Shinkansen, Shizuoka, Japan

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak Negara di dunia berlomba-lomba membuat berbagai perubahan positif yang berlandaskan teknologi. Salah satu aspek yang menyedot perhatian cukup besar adalah infrastruktur. Dengan kebutuhan manusia yang semakin mobile membuat setiap Negara mau tidak mau harus memenuhi kebutuhan ini. selain itu infrastruktur juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan ekonomi suatu Negara. Karena itulah berbagai Negara menggenjot pembangunan infrastruktur di negaranya masing-masing.

Namun uniknya menurut laporan WEF (World Economic Forum), Negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman bahkan Perancis mengalami kemerosotan dalam hal kualitas infrastruktur. Sebaliknya Negara-negara di Asia semakin menunjukkan tajinya seperti Jepang, Hongkong dan SIngapura. Apakah nantinya pusat ekonomi akan berpindah ke Asia? Bukan sesuatu yang tidak mungkin namun juga bukan sesuatu yang mudah.

Tokyo, Japan cityscape in the Marunouchi District and Tokyo Station.

Tokyo, Japan cityscape in the Marunouchi District and Tokyo Station.

Kali ini kita akan mengupas tentang infrastruktur yang dimiliki oleh Jepang. Sejauh ini memang belum ada satu Negara-pun yang memiliki nilai sama rata untuk keseluruhan infrastruktur yang dimiliki, dan hal ini berlaku juga untuk Jepang. Namun sejauh ini Jepang telah masuk dalam 5 Negara dengan Pembangunan Infrastruktur Terbaik di Dunia.

Iklan

Memiliki Jalur Kereta Terbaik

Dibandingkan Negara-negara lain, Jepang memiliki pembangunan jalur kereta terbaik di dunia. Tidak ada yang meragukan kemampuan Jepang dalam membangun jalur kereta. Jalur kereta disini bukan hanya jalur kereta biasa namun juga jalur kereta super cepat atau shinkansen milik Jepang.

View of Mt Fuji and Tokaido Shinkansen, Shizuoka, Japan

View of Mt Fuji and Tokaido Shinkansen, Shizuoka, Japan

Jika dulu hampir setiap Negara di dunia menggunakan kereta sebagai alat transportasi utama dan berpindah ke alat transportasi terbaru seiring dengan berkembangnya teknologi. Maka berbeda dengan Jepang, Negara yang bertetangga dengan Korea Selatan ini sukses mempertahankan transportasi menggunakan kereta.

Jepang berhasil mematahkan anggapan bahwa transportasi kereta sudah mati, buktinya kini penduduk Jepang lebih sering menggunakan kereta api untuk bepergian. Bahkan menurut mereka bepergian menggunakan kereta api lebih nyaman dan mudah dibandingkan transportasi lain. Opini ini timbul karena memang pemerintah Jepang berkomitmen menyediakan sarana transportasi beserta infrastruktur yang lebih dari memadai untuk warganya.

Di Jepang Anda akan melihat begitu banyaknya jalur kereta yang melintasi wilayah suburban hingga pusat kota. Semua jalur-jalur kereta tersebut diatur sedemikian rupa tanpa mengurangi kenyamanan warganya.

Penyediaan Stasiun-Stasiun yang Memadai

Seiring dengan pembangunan jalur kereta yang mencapai seluruh titik wilayah, Pemerintah Jepang juga membangun berbagai stasiun kereta. Jika Anda berkunjung ke Jepang, Anda akan dengan mudah menemukan stasiun-stasiun kereta mulai dari stasiun kecil hingga stasiun super besar seperti Stasiun Shin-Osaka di Osaka.

Japan high speed train or Shinkansen at a station in Tokyo, Japan

Japan high speed train or Shinkansen at a station in Tokyo, Japan

Stasiun-stasiun kereta yang ada di Jepang juga tidak dibangun seadanya, karena faktanya stasiun-stasiun kereta tersebut ikut bersaing dengan penampilan fisik bandara-bandara yang ada di Jepang.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa Jepang mempertahakan transportasi kereta api dengan meleburkan teknologi-teknologi canggih di dalamnya. Salah satunya adalah kemudahan untuk mendapatkan tiket kereta mulai dari pembelian online hingga pembelian manual di mesin-mesin penjual makanan atau minuman yang banyak betebaran di pelosok Jepang. Jadi warga Jepang tidak perlu melakukan antrian panjang di stasiun hanya untuk memperoleh tiket.

Hal ini jugalah yang membuat stasiun-stasiun di Jepang terasa nyaman meskipun ramai oleh orang yang akan bepergian menggunakan kereta.

Pembangunan Pelabuhan dan Bandara

Meskipun menjadi juara dalam pembangunan jalur kereta, Jepang ternyata hanya menduduki peringkat ke 22 untuk pembangunan pelabuhan dan posisi ke 25 untuk kualitas bandara. Untuk pelabuhan utama, Jepang memiliki 2 yaitu di Hokkaido dan Kyushu.

Fukuoka, Japan at bayside place skyline.

Fukuoka, Japan at bayside place skyline.

Dari statistik ini cukup terlihat bahwa Jepang memang terus menggenjot pembangunan jalur kereta api beserta transportasi pendukungnya. Namun untuk segi kualitas bandara di peringkat ke 25 bukan berarti bandara-bandara di Jepang memiliki kualitas buruk. Hanya saja  peringkat ini diambil atas dasar rata-rata kualitas keseluruhan bandara yang ada di Jepang.

Salah satu contoh bandara yang patut untuk diapresiasi adalah Kansai International Airport. Bandara yang terletak di wilayah kansai ini dibangun dengan desain yang membuat orang terpana. Dibangun diatas laut dan didominasi penggunaan kaca sebagai materialnya membuat Kansai International Airport terlihat cantik.

Kemampuan Jepang dalam membangun meningkatkan infrastruktur dalam negeri terbukti mampu meningkatkan perekonomian mereka. Lantas apakah Negara-negara lain harus mengikuti langkah jepang dengan mengembangkan transportasi kereta cepat? Jawabannya adalah tidak, karena setiap Negara memiliki keunikan geografis sendiri sehingga pasti memiliki infrastruktur yang berbeda juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register