Share This Post

Perizinan

IMB Hilang atau Ingin Merenovasi Rumah?

Selain pemilihan desain rumah, penyediaan lahan, pemilihan material bangunan penting untuk memperhatikan tentang masalah legalitas rumah Anda. Karena pada dasarnya pengurusan legalitas ini sangat penting untuk menjamin keabsahan rumah yang Anda miliki.

IMB Hilang atau Ingin Merenovasi Rumah

Anda yang ingin mendirikan rumah tentu memilik banyak concern yang harus dipikirkan. Mulai dari pemilihan desain rumah, penyediaan lahan, pemilihan material bangunan hingga memperkirakan seberapa banyak budget yang dibutuhkan selama proses pembangunan rumah berlangsung. Namun selain faktor-faktor tersebut Anda juga harus memperhatikan tentang masalah legalitas rumah Anda. karena pada dasarnya pengurusan legalitas ini sangat penting untuk menjamin keabsahan rumah yang Anda miliki.

Untuk urusan legalitas rumah mungkin banyak dari Anda yang mengetahui tentang sertifikat rumah. Namun nyatanya ada dokumen lain yang Anda perlukan dan memang harus Anda miliki. Dokumen lain tersebut adalah Izin Mendirikan Bangunan atau biasa lebih dikenal dengan sebutan IMB. Keberadaan IMB ini sangat penting karena bertujuan untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan. Selain itu IMB juga memiliki fungsi sebagai alat analisis masalah keamanan desain bangunan.

IMB ini juga Anda perlukan saat Anda melakukan transaksi jual beli rumah. Bahkan pemilik rumah yang tidak memiliki IMB nantinya akan dikenakan denda sebesar 10% dari total nilai bangunan. Kemungkinan terburuknya rumah Anda akan dibongkar jika tidak memiliki IMB. Memang hingga kini masih banyak warga yang kurang peduli dengan dokumen yang satu ini. Namun ada baiknya jika Anda sama-sama memprioritaskan pengurusan Izin Mendirikan Bangunan ini bersama pengurusan sertifikat rumah.

Nah selama ini mungkin beberapa dari Anda yang sudah memiliki IMB akan merasa tenang karena sudah mengurus legalitas rumah Anda. Namun kepemilikan IMB ini tidak berarti Anda akan terbebas dari masalah lain. Masalah lain yang bisa saja muncul adalah ketika suatu saat IMB Anda hilang atau Anda akan merenovasi rumah. Kedua hal tersebut akan berdampak pada IMB yang Anda miliki saat ini. oleh karena itu kali ini kita akan membahas tentang dua masalah yang mungkin saja akan Anda hadapi kedepannya.

Cara Mengurus IMB yang Hilang

Bagi Anda yang sebelumnya telah memiliki Izin Mendirikan Bangunan namun suatu ketika mengalami kehilangan. Anda tidak perlu khawatir atau panik, karena kabar baiknya Anda tidak perlu membuat IMB baru. Bayangkan saja jika Anda harus membuat IMB baru tentu Anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan proses pengurusannya yang relative lama. Nah berikut ini adalah cara untuk mendapatkan IMB Anda kembali :

  1. Datanglah ke Badan Perpustakaan Arsip Daerah di domisili Anda, karena disanalah tersimpan arsip atau salinan IMB yang pernah Anda buat. Anda dapat berkunjung ke Badan Perpustakaan Arsip Daerah selama hari dan jam kerja berlangsung.
  2. Bersamaan kedatangan Anda ke Badan Perpustakaan Arsip Daerah, Anda harus membawa beberapa dokumen yaitu fotokopi KTP, fotokopi Sertifikat Hak Milik (SHM), fotokopi IMB jika ada atau sertakan nomor IMB yang dapat Anda peroleh dari PTSP Kecamatan, dan Surat permohonan yang ditujukan kepada BPAD untuk mendapatkan arsip.
  3. Jangka waktu untuk mengurus IMB yang hilang di BPAD biasanya paling lama adalah 7 hari kerja.
  4. Untuk mengurus IMB yang hilang, Anda tidak akan dipungut biaya apapun alias gratis.
    Cara Mengurus IMB Untuk Renovasi Rumah

Renovasi Rumah

Nah masalah kedua yang bisa muncul dari IMB yang Anda miliki adalah kemungkinan Anda merenovasi rumah. Tidak dapat dipungkiri jika suatu ketika Anda ingin merenovasi rumah bukan? Jika kegiatan renovasi rumah yang Anda lakukan sudah sampai pada proses mengubah denah rumah seperti penambahan kamar baru, merubah kamar mandi menjadi ruangan lain, hingga penambahan luas bangunan, maka Anda perlu untuk mengurus pengajuan IMB baru.

Untuk pengajuan IMB renovasi rumah ini sebenarnya tidak sulit, namun Anda harus bersabar karena prosedur resmi pengurusan IMB ini memerlukan waktu hingga 21 hari. Jika Anda ingin mengajukan IMB untuk renovasi rumah maka Anda hanya perlu datang ke Kantor Dinas Tata Kota setempat dan lengkapilah dokumen-dokumen berikut ini :

  • Fotokopi KTP
  • Surat kuasa jika Anda tidak mengurus sendiri
  • Fotokopi pelunasan PBB tahun terakhir
  • Fotokopi bukti kepemilikan atas tanah yang disahkan oleh pejabat berwenang
  • Fotokopi izin pemanfaatan ruang
  • Fotokopi gambar rencana bangunan berikut dengan penjelasannya (skala 1:100)
  • Perhitungan konstruksi untuk bangunan bertingkat
  • Surat Izin tetangga diketahui Rt/RW (bermaterai 6000)
  • Denah bangunan dan foto tampak bangunan berukuran postcard khusus untuk pemutihan
  • Surat pengantar atau rekomendasi Lurah dan Camat tentang berdirinya bangunan
  • Surat rekomendasi Dinas atau Instantsi terkait
  • Fotokopi akte jual beli
  • Fotokopi IMB lama (sebelum renovasi)

Selain dokumen-dokumen diatas masih ada 3 formulir lagi yang harus Anda isi (masing-masing bermaterai 6000) yaitu :

  1. Surat pernyataan kesanggupan membangun dan ketentuan Building Coverage Ratio (BCR)
  2. Surat pernyataan jaminan kelayakan dan mutu bangunan
  3. Surat pengantar permohonan IMB

Nah mudah bukan cara pengurusan untuk IMB yang hilang dan renovasi rumah? Semoga info diatas dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register