Share This Post

Infrastruktur

8 Kota di Dunia dengan Landmark Jembatan Terindah

8 Kota di Dunia dengan Landmark Jembatan Terindah

Selama bertahun-tahun, jembatan sebagai salah satu infrastruktur utama pada sebuah kota atau negara selalu dibangun dengan satu tujuan, yaitu sebagai jalur penghubung antar daerah, sehingga wilayah tersebut akan selalu berkembang sesuai kebutuhan transportasi di wilayahnya. Namun ada beberapa jembatan yang tidak sekedar berfungsi sebagai jalur transportasi saja. Lebih dari itu, mereka membentuk sebuah kesatuan bentuk dan fungsi dalam wujud yang sangat indah, sehingga jembatan-jembatan tersebut pada akhirnya menjadi sebuah icon atau landmark bagi suatu wilayah.  Bahkan keberadaan jembatan tersebut dapat diartikan sebagai simbol atau karakter lokal dari kecanggihan tekonologi dan ketinggian selera arsitektur yang dimiliki kota tersebut. Berikut ini kami paparkan 8 landmark jembatan terindah yang terletak di 8 kota di dunia, walaupun sebenarnya masih sangat banyak jembatan dengan desain yang spektakuler yang tersebar di seluruh penjuru dunia.

Sumber : www.kaskus.co.id

Sumber : www.kaskus.co.id

  1. Akashi-Kaikyo Bridge, Jepang

Landmark Jepang yang satu ini merupakan jembatan terpanjang di dunia yang melintasi selat Akashi, menghubungkan antara Kobe dan pulau Awaji. Jembatan gantung ini memiliki total bentangan yang sangat panjang, yaitu sebesar 3.911 meter. Awalnya jembatan ini didesain dengan panjang 1.990 meter pada bentang tengahnya, namun gempa yang terjadi di Kobe pada 17 Januari 1995 mengakibatkan kedua menara bergeser sejauh 1 meter. Jembatan ini dirancang tahan gempa dan angin. Pelaksanaan konstruksinya memakan waktu hampir 12 tahun, dan dibuka secara resmi pada tahun 1998.

Sumber : www.genkin.org

Sumber : www.genkin.org

2. Sydney Harbour Bridge, Australia

Iklan

Siapa yang tidak mengenal jembatan ini? Keindahan panorama jembatan Sydney Harbour telah banyak diabadikan oleh banyak orang. Jembatan yang juga dikenal dengan sebutan ‘coathanger’ ini dibangun dalam waktu 6 tahun untuk kemudian dibuka secara resmi pada 19 Maret 1932. Struktur baja pada jembatan ini dapat memuai dan menyusut akibat sinar matahari, sehingga konstruksinya memiliki sebuah sendi yang sangat besar untuk mengakomodasinya.

33638441_l3. Brooklyn Bridge, New York

Sebagai salah satu landmark terindah di kota New York, jembatan Brooklyn membujur dengan anggunnya di atas sungai East, menghubungkan antara Brooklyn dan Manhattan. Pekerjaan konstruksinya membutuhkan waktu 14 tahun yang berakhir pada tahun 1883. Pada masa itu, jembatan Brooklyn merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia. Hingga saat ini, jembatan Brooklyn masih berdiri dengan kokohnya, menahan beban sekitar 150.000 kendaraan yang melewatinya setiap hari.

Sumber :  isipulsa.co.id

Sumber : isipulsa.co.id

4. Millau Bridge, Prancis

Ini adalah jembatan kendaraan tertinggi di dunia, dengan puncak tiang tertinggi setinggi 343 meter, sedikit lebih tinggi daripada Menara Eiffel. Jembatan Millau membentang di atas sungai Tarn, pada area perbukitan daerah Millau, Prancis utara. Arsiteknya adalah seseorang berkebangsaan Inggris bernama Lord Foster. Sejak jembatan ini dibuka pada Desember, 2004, setiap pengendara yang melewatinya akan berhenti sejenak dan menikmati pemandangan yang sangat mengagumkan, baik oleh jembatan itu sendiri maupun dari alam sekitarnya.

sumber : http://www.nord-stream.com/press-info/images/solitaire-passes-under-great-belt-bridge-2811/

sumber : http://www.nord-stream.com/press-info/images/solitaire-passes-under-great-belt-bridge-2811/

5. Great Belt Bridge, Denmark

Jembatan Great Belt merupakan icon kebanggaan masyarakat Denmark yang menghubungkan antar wilayah Zealand dan Funen. Terdapat 3 struktur utama, yaitu jembatan gantung sisi timur (eastern bridge), jembatan sisi barat (western bridge) dan terowongan bawah laut untu kereta api. Jembatan Great Belt membentang sepanjang 1.624 meter pada sisi timur, 6.790 meter pada sisi barat, dan 8.024 meter pada terowongan bawah laut. Sisi timur dan barat terpisahkan oleh sebuah pulau kecil bernama Sprogø. Dibangun sejak tahun 1988 dan selesai pada tahun 1998, eastern bridge merupakan jembatan kedua terpanjang di dunia, sedangkan terowongan bawah lautnya menduduki peringkat kedua terowongan terpanjang di Eropa.

31216399_l

6. Charles Bridge, Republik Chechnya

Telah menjadi hal yang wajib untuk mengunjungi jembatan Charles bagi semua wisatawan yang berkunjung ke Prague, Chechnya. Jembatan ini telah berumur kurang lebih 5 abad, dibangun pada masa pemerintahan King Charles IV. Konstruksi batu bernuansa Gothic merupakan daya tarik tersendiri pada jembatan ini. Sebagai satu-satunya jembatan yang melintasi sungai Vitava, jembatan ini menjadi jalur penghubung utama antara Old Town dan area sekitar kastil Prague sekaligus sebagai jalur perdagangan utama antara Eropa Timur dan Eropa Barat.

40167270_l

7. Golden Gate Bridge, San Fransisco

Jembatan ini dinamai sesuai dengan nama selat yang dilewatinya, yaitu selat Golden Gate. Selat ini memisahkan antara San Fransisco dan California utara. Mahakarya dari arsitek Joseph B. Strauss ini selesai dibangun pada tahun 1937. Dengan gaya arsitektur Art Deco, struktur suspensi yang menawan, serta warna merah-orange yang memikat secara visual, maka jembatan Golden Gate ini akan selalu menjadi pusat perhatian bagi banyak turis yang datang ke San Fransisco.

31061630_l

8. Tower Bridge, London

Tower Bridge merupakan jembatan dengan gaya arsitektur Victorian Gothic, dengan struktur kombinasi antara struktur gantung dan bascule. Pada bagian atas terdapat dua jalan setapak yang menghubungkan sekaligus mengikat kedua buah menara yang didesain sebagai penahan struktur gantung pada jembatan tersebut. Jembatan Tower melintasi sungai Thames dan terletak di dekat menara London yang juga merupakan icon dari kota London. Pekerjaan konstruksi dimulai sejak tahun 1886 dan 12 tahun kemudian dibuka untuk umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register