Share This Post

Desain

Inspirasi Desain : Rumah Botol Milik Ridwan Kamil

Inspirasi Desain : Rumah Botol Milik Ridwan Kamil

Siapa yang tidak mengenal Ridwan Kamil? Sebelum menjabat sebagai walikota Bandung sejak tahun 2013, beliau yang akrab disapa dengan Kang Emil ini adalah seorang arsitek Indonesia yang terkenal dengan karya-karyanya yang luar biasa. Saat ini Ridwan Kamil aktif menjabat sebagai Prinsipal PT. Urbane Indonesia, sebuah biro konsultan perencanaan, arsitektur dan desain yang didirikannya pada tahun 2004. Selain itu beliau juga aktif mengajar di Jurusan Teknik Arsitektur Institut Teknologi Bandung. Bersama teman-teman seprofesi, Ridwan Kamil membesarkan Urbane dan memperoleh reputasi bertaraf internasional yang diwujudkan antara lain dalam proyek Syria Al-Noor Ecopolis, Syria dan Suzhou Financial District, China.

Sumber : lintasdakwah.blogspot.com

Sumber : lintasdakwah.blogspot.com

Salah satu masterpiece dari Ridwan Kamil adalah rumah beliau sendiri yang berdiri di atas lahan seluas 373 meter persegi di kawasan Cigadung Selatan. Rumah tersebut dikenal dengan sebutan rumah botol. Ya, rumah botol ini memang tersusun dari 30.000 botol kaca bekas minuman berenergi merk terkenal. Menurut penuturan Ridwan Kamil, ide rumah botol muncul ketika beliau melihat tumpukan sampah botol-botol minuman berenergi yang memendarkan cahaya yang indah ketika terpapar sinar matahari. Lantas beliau tergerak untuk mengaplikasikan botol-botol tersebut menjadi fasade rumah yang indah.

Bukan hanya mengejar ketinggian estetika, penerapan botol kaca tersebut sebenarnya memiliki fungsi penting sebagai fitur utama penghantar cahaya alami matahari. Hasilnya, rumah ini sama sekali tidak membutuhkan lampu ketika siang hari. Oleh karena itu, rumah botol ini dapat digolongkan ke dalam bangunan hijau atau rumah yang ramah lingkungan, karena dalam fase operasionalnya berhasil menghemat penggunaan energi listrik. Lebih lanjut, Ridwan Kamil juga berusaha mewujudkan keseimbangan dengan alam yang harmonis ke dalam rumah, antara lain dengan membangun space terbuka sebagai zona transisi antar ruang; meminimalisir sekat-sekat yang dapat membatasi aliran udara serta merancang model bukaan jendela dan pintu yang sesuai dengan kaidah penghawaan alami yang optimal. Komitmennya terhadap konsep rumah ramah lingkungan juga ditunjukkan ke dalam pemilihan material beton ekspose yang meminimalkan penggunaan cat di luar bangunan. Keberadaan kolam renang di bagian belakang rumah juga menambah harmoni rumah tersebut.

Iklan

Konsep ramah lingkungan juga ditunjukkan dalam hal manajemen limbah lingkungan. Ridwan Kamil telah berhasil menciptakan manfaat dari sebuah barang bekas yang hampir tidak bernilai (harga 1 botol bekas hanya Rp. 50,-). Hal tersebut selaras dengan konsep green building atau sustainable environment yang beberapa tahun belakangan ini menjadi isu penting dalam dunia arsitektur dan konstruksi di Indonesia dan dunia.

Sumber : infoproperty.web.id

Sumber : infoproperty.web.id

Proses pengerjaan konstruksi rumah tersebut harus tertunda selama 6 bulan karena Ridwan Kamil berupaya mengumpulkan lebih banyak botol (yang pada akhirnya berjumlah 30.000 buah) untuk dipasang. Botol-botol kaca bekas tersebut ditata dengan apik ke dalam berbagai bentukan bingkai yang terbuat dari besi, ada bingkai yang berukuran kecil dan ada yang besar, tergantung kepada peletakan dan fungsinya terhadap ruang di dekatnya. Hasilnya yaitu sebuah tampilan rumah dengan nuansa warna coklat (warna botol kaca) yang terkesan natural. Beliau membangun rumah botol ini secara bertahap, blok demi blok, disesuaikan dengan anggaran yang tersedia. Yang menarik, beliau sama sekali tidak menuangkan idenya ke dalam gambar rancangan. Semua mengalir begitu saja mengikuti feel. Pelaksanaan konstruksinya semua berdasarkan instruksi lisan saja.

Berkat kerja keras dan komitmennya terhadap lingkungan yang berkelanjutan, rumah Ridwan Kamil berhasil menyabet gelar juara dalam Green Design Award 2009, yang diprakarsai oleh BCI Asia (Building Construction Information Asia). Desain rumah botol berhasil mengalahkan delapan puluh karya dari delapan Negara, antara lain Malaysia, Singapura dan China. Prestasi tersebut semakin mengharumkan nama Indonesia di kancah arsitektur Asia.

Sumber : fellixstywn.wordpress.com

Sumber : fellixstywn.wordpress.com

Desain rumah botol ini telah menjadi inspirasi bagi para arsitek muda dan masyarakat awam untuk dapat lebih aware  terhadap lingkungan sekitar. Sustainable environment dapat diwujudkan pertama dari diri sendiri, dalam hal ini adalah mewujudkan rumah tinggal yang sehat dan ramah lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register