Share This Post

Sosok

Arsitek Legendaris Pionir Arsitektur Modern

Arsitek Legendaris Pionir Arsitektur Modern

Ludwig Mies van der Rohe adalah arsitek kelahiran Jerman yang telah diabadikan sebagai salah satu arsitek legendaris abad ke-20. Ciri khas desainnya yang menampilkan ruang terbuka dan menonjolkan keindahan material industrial yang digunakan dalam konstruksi menjadi definisi awal arsitektur modern.

Arsitek jenius ini tidak pernah mengenyam pendidikan desain formal, namun ia memulai karirnya dari bekerja di workshop pahatan batu milik ayahnya dan beberapa firma desain lokal sebelum ia pindah ke Berlin. Di sinilah ia memulai karir arsitekturnya, dan dalam waktu singkat ia berhasil menjadi figur penting di dunia avant-garde di Berlin. Pekerjaan independen pertamanya dilakukan saat ia berusia 20 tahun, dan berkat struktur inovatifnya, ia menjadi arsitek kenamaan Eropa. Mies mulai mengembangkan gaya desain minimalis di tahun 1920-an, dengan mengkombinasikan estetika fungsional industrial dengan struktur bangunan minimalis yang terbuka. Ia banyak menggunakan kaca sebagai pembatas ruang untuk membaurkan batas area interior dan eksterior.

Ludwig Mies van der Rohe 'S.R. Crown Hall' Chicago Illinois 1956; photo courtesy of Chicago History Museum

Ludwig Mies van der Rohe ‘S.R. Crown Hall’ Chicago Illinois 1956; photo courtesy of Chicago History Museum

Karya-karyanya dapat ditemukan di berbagai belahan dunia, seperti Paviliun Barcelona dan Rumah Farnsworth di Chicago, Amerika Serikat, yang kerap disebut sebagai masterpiece desainnya. Ketika Nazi menekannya karena menganggap desainnya tidak sesuai karakter Jerman, ia memutuskan untuk pindah ke Amerika Serikat pada tahun 1937. Ia menetap di Chicago dan bergabung dengan Institut Teknologi Illinois sebagai kepala bagian arsitektur. Ia mengembangkan kurikulum sesuai dengan prinsip minimalis modern-nya dan membangun master plan serta bangunan baru kampus yang hingga kini masih bisa ditemukan.

Iklan

Prinsip desainnya yang ambisius menyajikan sebuah konsep arsitektural yang tidak lekang oleh waktu dan universal. Mulai dari konsep awal hingga detail terkecil menyuguhkan ekspresi dunia modern kontemporer yang memukau dengan kesederhanaan yang elegan dan penuh percaya diri. Pengaruh Mies dalam dunia arsitektur modern tidak dapat dipungkiri, dengan berkembangnya desain arsitektur modern minimalis yang banyak mengadopsi konsep desain yang ia kembangkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register