Share This Post

Infrastruktur

Rimbunnya Green Infrastructure Di Singapura

Rimbunnya Green Infrastructure Di Singapura

Kota hijau adalah gerakan yang mengusung tatanan permukiman yang cerdas, aman, dan berkelanjutan. Cerdas dalam beradaptasi mengikuti perkembangan teknologi, aman dengan membangun sistem yang memungkinkan respon cepat terhadap kejadian tak terduga seperti bencana alam, bersifat tahan lama, serta berkelanjutan yang dimaksudkan menjadi bagian dari solusi perubahan kondisi bumi, seperti perubahan iklim, cuaca, hingga keanekaragaman hayati. Konsep ini adalah bagian dari Urbanisme Baru (New Urbanism) yang sebenarnya sudah lahir sejak tahun 1980-an.

Sudah banyak kota-kota di dunia yang menerapkan konsep kota hijau, salah satu di antaranya adalah Singapura, yang memiliki julukan Kota Taman (Garden City) saking banyaknya taman dan aksen hijau yang bertebaran di seluruh sudut kota. Padahal, dulunya Singapura sempat mengalami krisis air bersih ketika populasi penduduknya bertambah, hingga mereka harus mengimpor air dari Malaysia. Namun sejak 1972, Singapura mulai melaksanakan perencanaan kota berkelanjutan yang terus dikembangkan hingga saat ini. Teknologi yang diterapkan di seluruh area kota Singapura menjadikan kota ini sebagai model percontohan aplikasi infrastruktur hijau terbaik di dunia.

Nanyang Tech Singapore

Hampir 70% dari infrastruktur kota Singapura, mulai dari atap gedung, taman, pembatas jalan hingga pinggiran jalan, dapat menampung air hujan yang kemudian dipompa melalui saluran yang dikontrol mikroprosesor menuju 18 waduk yang berada di berbagai sisi kota. Waduk-waduk tersebut juga disulap menjadi area konservasi alam, dengan berbagai binatang liar yang hidup di dalamnya serta pohon-pohon tinggi yang menjadi paru-paru kota sekaligus lanskap wisata bagi warga dan turis yang ingin menikmati suasana alam tropis yang subur.

Iklan

Tidak seperti Jakarta yang sudah langganan mengalami banjir setiap tahun, di Singapura hal ini diantisipasi dengan menerapkan area publik yang hijau dan mendorong pihak-pihak swasta untuk mengikuti peraturan pemerintah Singapura yaitu program Aktif, Cantik, dan Bersih atau ABC program (Active, Beautiful, Clean). Di rumah sakit saja, deretan tanaman hijau dapat dengan mudah ditemukan di berbagai area, dipadukan dengan manajemen hama terintegrasi berupa kolam-kolam ikan yang memungkinkan tanaman tumbuh subur tanpa harus menggunakan pestisida untuk menangkal jumlah nyamuk. Atap gedung dimanfaatkan untuk bercocok tanam sayur mayur, yang kemudian digunakan oleh dapur untuk mengolah makanan sehat bagi para pasien.

22034104 - singapore - jun 02: gardens by the bay at dusk on jun 02, 2013 in singapore. gardens by the bay was crowned world building of the year at the world architecture festival 2012.

Singapura tidak hanya mendemonstrasikan kepada dunia bagaimana infrastruktur hijau mampu meningkatkan kualitas hidup manusia, namun juga menjadi bukti nyata bahwa pengembangan desain urban yang terintegrasi dengan alam dapat memberikan keuntungan ekonomi yang substansial dalam jangka waktu panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register