Share This Post

Perizinan

4 Hal Yang Penting Diketahui Saat Menyewa Tempat Bisnis

4 Hal Yang Penting Diketahui Saat Menyewa Tempat Bisnis

Banyaknya peluang bisnis di Indonesia membuka berbagai kesempatan untuk memulai usaha sendiri, dan memiliki lokasi usaha yang strategis dapat membantu bisnis berkembang dengan lebih baik. Ada banyak lokasi yang dapat dipilih, mulai dari menggunakan area di rumah sendiri atau menyewa lapak atau kios yang tersebar di berbagai titik. Jika Anda memutuskan untuk menyewa tempat bisnis, jangan sembarangan memilih lokasi hanya karena letaknya strategis, perhatikan beberapa hal berikut ini agar Anda tidak tersandung masalah di kemudian hari.

15209576_l

1. Izin Infrastruktur Bangunan
Izin pertama yang harus diperhatikan mengenai tempat usaha adalah jenis IMB atau Izin Mendirikan Bangunan yang dimiliki oleh pemilik tempat tersebut. Setiap daerah di Indonesia memiliki peraturan yang berbeda-beda, contohnya di Jakarta, Anda tidak boleh menggunakan tempat yang hanya memiliki IMB untuk Rumah Tinggal sebagai lokasi usaha. IMB berkaitan dengan pengurusan perizinan badan usaha. Selain itu, jika Anda berniat untuk meminjam modal usaha ke bank, umumnya Anda akan diminta untuk menyiapkan dokumen yang lengkap, termasuk mengenai lokasi usaha.

23341282 - guy in suit yelling into megaphone and hand drawn speech bubbles come out

2. Izin Gangguan
Jangan nekat membuka usaha jika Anda belum memiliki izin ini, terutama jika jenis usaha Anda masuk ke ring 1 atau tempat ramai. Izin gangguan atau Hinder Ordonantie (HO) adalah izin lokasi usaha atau kegiatan kepada pribadi atau badan hukum yang menjalankan suatu bidang usaha yang berpotensi menimbulkan bahaya, kerugian, dan gangguan masyarakat serta kelestarian lingkungan hidup. Izin ini sangat penting sebagai bagian legalitas tempat usaha agar terhindar dari masalah hukum, seperti yang sering diberitakan di media massa ketika tempat-tempat usaha tidak berizin dibongkar paksa oleh aparat pemerintahan.

Mengurus izin ini cukup mudah, yang dibutuhkan adalah fotokopi KTP & NPWP pemohon, IMB, surat persetujuan tetangga yang dikeluarkan oleh kantor lurah, bukti pembayaran PBB terakhir, serta surat perjanjian sewa. Izin ini berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang, dengan memenuhi syarat izin gangguan, Anda dapat menjalankan bisnis tanpa takut tersandung masalah hukum di kemudian hari.

35806714 - rental agreement document with keys and pencil

3. Kontrak Sewa Menyewa
Sudah menemukan lokasi bisnis yang strategis dan sesuai? Saatnya Anda menyiapkan surat perjanjian sewa-menyewa dengan pemilik lokasi usaha. Surat ini wajib Anda pegang sebagai bukti yang mengikat dengan pemilik tempat untuk menghindari terjadinya masalah saat bisnis telah berjalan. Pastikan surat perjanjian diisi dengan detail selengkap mungkin yang meliputi identitas kedua belah pihak, detail hak dan kewajiban masing-masing pihak, harga dan jangka waktu sewa, serta biaya-biaya operasional yang menjadi tanggungan Anda atau pemilik, seperti contohnya biaya listrik, air, retribusi, hingga perpajakan. Surat kontrak ini ditandatangani oleh kedua belah pihak di atas meterai, dan tambahkan saksi untuk memperkuat bukti perjanjian tersebut.

33251271 - closeup of person's hand repair the switchboard

4. Kebutuhan Sarana Bisnis
Sebelum memutuskan untuk menyewa sebuah tempat usaha, pastikan sarana yang ada di tempat tersebut telah sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Contohnya: apakah lokasi cukup strategis bagi jenis bisnis Anda, sumber daya listrik serta air yang dibutuhkan, akses transportasi, tingkat keamanan hingga kompetitor yang ada di sekitarnya.

Dengan memperhatikan empat hal di atas, Anda telah memulai bisnis dengan aman dan meminimalisir potensi kerugian yang mungkin terjadi akibat tidak terpenuhinya salah satu hal di atas.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register