Share This Post

Bangunan

Mengantisipasi Bencana Sekaligus Mempelajari Sejarah Di Museum Tsunami Aceh

Mengantisipasi Bencana Sekaligus Mempelajari Sejarah Di Museum Tsunami Aceh

Siapa yang tidak kenal Ridwan Kamil. Pria yang kerap disapa Kang Emil ini adalah walikota Bandung yang dikenal dengan kemahirannya menata kota Bandung, melalui tangan dinginnya, warga Bandung dapat menikmati indahnya area publik berhias pepohonan dan taman untuk beraktivitas. Namun jauh sebelum ia memulai karir politik, Kang Emil telah dikenal sebagai salah satu arsitek terbaik di Indonesia. Salah satu karyanya bersama firma arsitekturnya Urbane yang tersohor adalah Museum Tsunami Aceh.

Museum yang dibangun pada tahun 2007 hingga 2009 ini mengangkat tema “Rumoh Aceh as Escape Hill”. Bangunan empat lantai ini dirancang sebagai monumen simbolis untuk memperingati bencana gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004, dengan nama-nama korban dan keluarga yang diukirkan pada salah satu ruangan.Berbagai informasi seputar bencana juga ditambahkan pada ruang-ruang lainnya yang berfungsi sebagai pusat pendidikan bagi para pengunjung.

inside-museum-tsunami (1)

Namun selain menjadi pusat memorial, museum ini juga berfungsi sebagai tempat perlindungan darurat jika bencana serupa terjadi kembali, dengan desain lantai pertama yang terbuka layaknya rumah tradisional Aceh, dikelilingi oleh taman berbentuk bukit untuk memudahkan warga berlari menyelamatkan diri seandainya bencana serupa terjadi kembali. Bangunan museum berbentuk seperti kapal dan dibangun dengan beberapa pilar raksasa sehingga struktur bangunan kuat menahan terjangan tsunami dan mengalirkan gelombang air melalui dasar bangunan. Lekuk bangunan menyerupai gelombang tsunami dapat terlihat dari angkasa sehingga memudahkan identifikasi bangunan ketika melintas di atasnya.

Iklan

Dengan perpaduan unsur tradisional Aceh serta konsep perencanaan penanggulangan bencana modern, museum multifungsi ini menjadi ikon kota Banda Aceh yang membanggakan bangsa Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register