Share This Post

Budaya

Tinggal Di Atas Pohon Bersama Suku Korowai

Tinggal Di Atas Pohon Bersama Suku Korowai

Pernah berangan tinggal di atas pohon bagaikan Tarzan? Berkunjunglah ke pedalaman Papua dan temui Suku Korowai, satu-satunya suku di dunia yang hidup dan tinggal di rumah pohon yang menjulang tinggi.

Suku Korowai merupakan salah satu suku terasing di dunia yang baru diketahui keberadaannya sekitar tahun 1970-an. Tidak hanya karena suku ini terisolasi di tengah pedalaman hutan lebat di Papua, namun suku ini juga tinggal di rumah pohon yang tingginya bisa mencapai 50 meter di atas permukaan tanah!

rumah-diatas-pohon-suku-korowai

Melindungi diri dari nyamuk, banjir, serta serangan hewan liar dan suku rival menjadi alasan Suku Korowai membangun rumah-rumah panggung di atas pohon. Arsitektur Rumah Tinggi juga terbilang unik, karena mereka hanya menggunakan material alami untuk membangun konstruksi rumah. Untuk penyangga utama, mereka memilih pohon banyan yang kokoh, dan memasang kayu-kayu tambahan pada setiap sudut untuk memperkokoh konstruksi. Meskipun ada yang dibangun hingga ketinggian 50 meter, namun umumnya Rumah Tinggi dibangun setinggi 8-12 meter dan diakses melalui sebuah tangga kayu. Proses konstruksi bangunan dimulai dari bagian lantai, kemudian dilanjutkan dengan dinding dan atap dari daun pohon sagu dengan anyaman rafia.

Iklan

Yang lebih mencengangkan adalah bagaimana Suku Korowai membangun rumah-rumah pohon ini. Tanpa peralatan modern apa pun, mereka bisa bergotong royong membangun sebuah Rumah Tinggi hanya dalam waktu 2 minggu. Kekokohan konstruksi Rumah Tinggi juga sudah terbukti dari banyaknya orang yang tinggal dalam satu rumah, setiap rumah umumnya dihuni oleh satu keluarga yang bisa mencapai 12 orang. Tradisi unik Suku Korowai sudah banyak didokumentasikan dan dipelajari oleh peneliti dari seluruh dunia. Meskipun Suku Korowai terbilang suku yang masih terbelakang, namun kepiawaian suku ini dalam merancang arsitektur rumah pohon cukup memukau para peneliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register