Share This Post

Infrastruktur

Seoul, Kota di Korea Selatan dengan Infrastruktur Transportasi yang Mumpuni dan Anti Telat

Seoul, Kota di Korea Selatan dengan Infrastruktur Transportasi yang Mumpuni dan Anti Telat

Semua orang pasti ingin berangkat ke tujuan dengan cepat dan tepat waktu. Karena saat kita bisa datang tepat waktu di lokasi tujuan, maka kita bisa melakukan lebih banyak hal seseuai agenda yang telah kita miliki. Dari sini maka peranan infrastruktur transportasi sangatlah krusial untuk mewujudkan hal ini. Nah di kota Seoul yang merupakan ibu kota Korea Selatan, Anda akan mendapatkan transportasi yang tepat waktu tersebut.

Tak main-main memang apa yang dilakukan negara Korea Selatan untuk membangun infrastruktur transportasinya. Pasalnya dengan sepanjang 508 kilometer dan melintasi sekitar 25 distrik, kereta bawah tanah Korea Selatan menjadi salah satu negara dengan infrastruktur dan layanan transportasi umum terbaik. Lalu seperti apakah cerita dari infrastruktur transportasi yang ada di negeri gingseng Korea Selatan ini? berikut ulasannya.

13021393 - seoul, south korea - april 26, 2011: inside view of the metropolitan subway in seoul, one of the most heavily used underground rail systems in the world, service 8 million passengers daily.

Jaringan Kereta Api Bawah Tanah

Iklan

Seperti pada umumnya negara-negara maju, Korea Selatan juga membangun infrastruktur jaringan kereta api bawah tanah. Di kota Seoul sendiri jaringan kereta api bawah tanah yang ada memiliki panjang 508 kilometer dan termasuk yang terpanjang di dunia. Dan menariknya sistem pelayanan kereta api di Seoul ini akan membuat kita tidak akan terlambat sampai tujuan. Sebab kereta bawah tanah di Seoul ini tiba setiap dua menit sekali. Tidak hanya itu, di dalam kereta ini kita juga akan bisa menjumpai tempat atau ruang khusus yang diperuntukkan untuk lansia, wanita hamil, dan kaum difabel. Tempat khusus ini sendiri tidak bisa ditempati oleh orang lain diluar kategori tadi. Dan jika ada yang melanggar maka Anda akan mendapatkan cibiran dari penumpang lain.

Nah uniknya lagi di kereta bawah tanah di Seoul ini adalah adanya pedangang asongan yang akan menawarkan dagangannya pada para penumpang. Tapi jangan dikira pedagang asongan di kereta Seoul ini tampak seperti di Indonesia, tapi disana meraka tampak berpenampilan rapi, gaya dan lebih praktis. Hal menarik lainnya yang bisa kita dapati di kereta bawah tanah di Seoul ini adalah adanya kebebasan menikmati akses WiFi tanpa batas.

24376237 - evening traffic speeds through the gangnam district in seoul, south korea

24376237 – evening traffic speeds through the gangnam district in seoul, south korea

Infrastruktur Transportasi Lain di Seoul

Selain infrastruktur transportasi kereta bawah tanah, di kota Seoul juga ada jenis transportasi lain yaitu bus dan taksi. Memang kedua jenis transportasi sudah banyak dimiliki kota-kota besar di banyak negara, namun ada hal spesial dari transportasi bus dan taksi di Korea Selatan ini. Pada transportasi bus sendiri hal spesial yang bisa diperoleh penumpangnya adalah layanan terminal yang tersedia hingga tingkat kecamatan. Dengan layanan ini tentu saja kita bisa menjangkau daerah terpencil sekalipun atau kita bisa lebih dekat untuk menjangkau rumah yang tinggal di wilayah kecamatan. Di Korea Selatan, transportasi bus ini juga menjadi sarana favorit warga untuk bepergian karena biaya yang di keluarkan sangat murah.

Jika Anda tidak tidak mendapatkan bus karena layanannya yang tidak 24 jam, Anda tak perlu khawatir, sebab ada sarana transportasi lain yang bisa Anda gunakan yaitu taksi. Taksi di Korea Selatan ini memang selalu beroperasi 24 jam penuh. Tarif yang dikenakan dari transportasi taksi ini memang jauh lebih mahal dari bus atau kereta bawah tanah yaitu sebesar 2400 won atau sekitar Rp 24.000 ketika buka pintu. Dan total biayanya sendiri tergantung jarak tempuh taksi yang dituju ke lokasi. Tapi berdasarkan analisis ternyata tarif ini masih lebih murah jika dibandingkan dengan taksi yang ada di di kota london atau kota besar yang ada di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register