Share This Post

Infrastruktur

Wina, Kota di Austria dengan Infrastruktur dan Layanan Transportasi Terbaik

Wina, Kota di Austria dengan Infrastruktur dan Layanan Transportasi Terbaik

Transportasi adalah salah satu komponen dari sebuah infrastruktur negara untuk bisa menggerakkan roda kehidupan dengan lebih baik. Ya, dengan transportasi, sebuah negara bisa mencapai tingkat kemajuannya dan peningkatan kesejahteraan warga negaranya. Jadi semakin baik traansportasi sebuah negara maka semakin baik pula peluang kemajuan dan peningkatan kesejahteraan negara untuk warga negaranya, dan begitu pula sebaliknya. Dari sini kita bisa menilik beberapa transportasi di sebuah negara yang memang sudah terbilang baik dan menunjang. Dan salah satu kota disebuah negara yang bisa kita jadikan referensi adalah Wina. Wina sendiri adalah sebuah kota yang berada di negara Asutria dan sekaligus ibukota federal Republik Austria. Lalu seperti apakah infrastruktur dan layanan transportasi yang ada di kota yang dikenal sebagai kota budaya ini? Berikut ulasannya.

10807605 - vienna - september 9: metro station and ticket machines on september 9, 2011 in vienna. with 534m annual passengers (2010), vienna's u-bahn is 20th largest metro system worldwide.

Kereta Bawah Tanah U-Bahn

Salah satu infrastruktur transportasi populer yang ada di kota Wina, Austria adalah kereta bawah U-Bahn. Apa itu U-Bahn? U-Bahn adalah akronim dari Untergrund-Bahn atau berarti kereta api bawah tanah sebagai sistem angkutan cepat (metro) yang terdiri dari lima jalur. Pada jaringan U-Bahn ini akan terhubung atau terkoneksi beberapa stasiun kereta utama di pusat kota. Jalur transportasi pada U-Bahn ini sendiri di kota Wina telah menjadi tulang punggung dan jantung sistem transportasi. Tak kurang dari 1,3 juta penduduk kota Wina setiap hari menggunakan U-Bahn. Transportasi U-Band memang sangat menarik, pasalnya dukungan pemerintah sendiri sangat nyata terhadap kemajuan sistem transportasi publik yang nyaman dan menyenangkan. Sejak tahun 1969, tak kurang dari 200 juta Euro telah diinvestasikan setiap tahun oleh pemerintah Wina untuk pengembangan U-Bahn Wina sebagai wujud nyata dukungannya. Menariknya tiket kerta bawah tanah U-Bahn ini telah terintegrasi dengan semua transportasi publik di Wina, termasuk tram dan bus di bawah pengelola Wiener Linien. Dari segala bentuk baiknya infrastruktur dan layanan kereta bahwa tanah U-Bahn ini maka tak ayal bila sistem transportasi publik ini menjadi yang terbaik di seluruh dunia berdasarkan UITP (International Association of Public Transport) pada bulan Juni 2009.

Iklan

9512217 - vienna, austria - july 21: original local vienna tram is going by schedule to station  praterstern on july 21,2009 in vienna, austria.

S-Bahn, Kereta Jalan (Trem) dan Bus

Selain kereta bawah tanah U-Bahn, di kota Wina juga terdapat transportasi S-Bahn (Schnellbahn) yang merupakan kereta api cepat metropolitan yang super cepat. Kereta S-Bahn ini sendiri biasanya digunakan oleh penumpang yang ingin buru-buru pergi ke bagian selatan kota dan juga ke bagian utara kota. Dengan waktu singkat S-Bahn akan membawa penumpang menuju tujuannya. Kereta bawah tanah berupa U-Bahn dan S-bahn ini sendiri memiliki 24 rute yang beroperasi hingga pada malam hari, yaitu dari pukul 00.30 hingga 5.00 pagi. Untuk keseluruhan rute sendiri akan beroperasi hingga dini hari pada akhir pekan atau hari libur. Selain U-Bahn dan S-Bahn, Wina juga mempunyai jaringan transportasi lain yaitu kereta jalan (trem) dan bus. Trem dan bus ini sendiri akan beroperasi di jalan-jalan utama pusat kota setiap harinya.

15659852 - on the tauern motorway in austria there are many tunnels

Tidak Hanya Soal Infrastruktur

Yang membuat transportasi di kota Wina ini sangat mumpuni sendiri bukan hanya terkait dengan infrastruktur fisiknya, tapi juga sistem manajemen dan kontrol operasionalnya. Pada setiap armada yang ada hanya di operasikan oleh satu pengemudi (fahrpersonen) saja. Dan yang menarik lagi adalah sistem pengawasan tiket dari jaringan transportasi ini lebih mengandalkan kesadaran penggunanya. Meski tak ada petugas yang melakukan pengecekan tiket, tapi disaaat-saat tertentu, pihak pengelola U-Bahn bisa melakukan razia tiket. Dan bagi penumpang yang kedapatan tidak memiliki tiket, maka mereka akan didenda uang sebesar 70 euro di tempat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register