Share This Post

Perizinan

Inilah beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Inilah beberapa Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

IMB (Izin Mendirikan Bangunan) kini memang sangat penting untuk dimiliki seseroang yang akan mendirikan sebuah rumah, ruko atau gedung. Ya, IMB memang diperlukan agar Anda mendapatkan kepastian hukum atas bangunan yang Anda miliki. Dengan adanya kepastian hukum maka hal tersebut akan membawa Anda pada kenyamanan saat menggunakan bangunan untuk keseharian dan juga akan mempermudah dalam urusan yang berhubungan dengan jual beli rumah, sewa rumah, ijin usaha atau pengajuan kredit rumah. Karena pentingnya IMB ini maka Anda yang akan mendirikan sebuah bangunan sudah seharunya memperhatikan beberapa hal dalam pengurusan IMB ini. Lalu apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses pengurusan IMB ini? Berikut ulasannya.

53696998 - husband and wife with family finance concept

Agar Kantong Tidak Terkuras, Urus Sendiri IMB Ada

Anda memang bisa saja mengurus IMB ini dengan menyuruh orang lain alias calo untuk membereskan segala urusannya. Tapi yang perlu Anda pahami bahwa pengurusan IMB ini sebenarnya tidak serumit dan selama Anda banyangkan. Jadi hanya dengan melengkapi beberapa persyaratan dan waktu pengurusan yang tidak seberapa lama serta waktu tunggu 15 hari maka IMB pun bisa Anda peroleh.

Apalagi sejak tahun 2014, pengurusan IMB bisa dilakukan di depan laptop secara online, maka waktu tunggu IMB hanya bisa memakan waktu 4-7 hari saja. Dari sinilah sebenarnya pengurusan IMB amatlah mudah dan sederhana. Dengan mengurus IMB sendiri Anda juga akan terhindar dari biaya tinggi yang dikenakan oleh calo. Dan yang terpenting lagi dengan mengurus IMB sendiri Anda akan memahami prosedur atau langkah-langkah mengurus IMB, dimana bisa jadi suatu saat Anda harus mengubah bentuk bangunan dan harus mengurus IMB yang baru.

52467511 - asian lady writing notebook diary concept

Prosedur Pengurusan IMB

Untuk mengurus IMB ini sendiri Anda ada dua cara yang bisa Anda tempuh. Cara pertama adalah cara offline dengan mendatangi kantor kecamatan atau kantor dinas P2B (Pengawasan dan Penertiban Bangunan) dan membawa beberapa persyaratan yang ada. Cara atau prosedur yang kedua dan terbaru adalah secara online dimana Anda tidak perlu datang ke kantor kecamatan atau kantor dinas P2B, karena bisa Anda melakukannya di rumah dengan menghidupkan laptop dan jaringan internet Anda. Jadi sistem berbasis jaringan internet ini berlangsung dimana seluruh proses aktivitas, pemberitahuan, dan respon dilakukan secara online yang dilakukan oleh petugas maupun oleh pemohon. Nah memang nantinya ada pertemuan, tapi hanya berlangsung satu kali yaitu ketika mengambil Surat Keterangan Retribusi Daerah (SKRD) dan verifikasi data permohonan IMB.

53603036 - asian lady writing notebook diary concept

Persyaratan Mendapatkan IMB

Nah untuk bisa mengurus IMB ini Anda perlu melampirkan beberapa dokumen seperti :

  • Formulir yang telah dilegalisir dan ditandatangani diatas materai Rp 6000
  • Foto kopi gambar denah, rencana pondasi, atap, sanitasi dan site plan
  • Foto kopi surat kepemilikan tanah atau sertifikat HM (Hak Milik) atau HGB (Hak Guna Bangunan).
  • Foto kopi KTP pemilik lahan dan bangunan
  • Surat perjanjian penggunaan lahan, jika tanah itu bukan milik si pemilik lahan
  • Gambar konstruksi beton serta perhitungannya.
  • Gambar konstruksi baja serta perhitungannya
  • Hasil penyelidikan tanah serta uji laboratorium mekanika tanah untuk bangunan berlantai 2 atau lebih.
  • Surat persetujuan tetangga, untuk bangunan berhimpit dengan batas  persil.
  • Surat Perintah Kerja (SPK) apabila pekerjaan diborongkan.

 

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register