Share This Post

Perizinan

Mau Dirikan Bangunan Usaha? Miliki Dulu Surat Izin Gangguan Agar Bisnis Jadi Lancar dan Aman

Mau Dirikan Bangunan Usaha? Miliki Dulu Surat Izin Gangguan Agar Bisnis Jadi Lancar dan Aman

Bagi Anda yang ingin mendirikan bangunan yang diperuntukkan untuk kegiatan komersil seperti toko, minimarket, apotek dan lain-lain maka Anda perlu membuat sura izin gangguan. Surat izin gangguan ini memang sangat penting untuk Anda miliki agar nantinya kegiatan usaha atau bisnis Anda bisa aman dan lancar tanpa hambatan. Surat izin gangguan ini sendiri juga Anda butuhkan sebagai kelengkapan mendirikan usaha (IMB) jika Anda memang baru membangun. Lalu seperti apakah cara, prosedur dan syarat-syarat dalam mengurus surat izin gangguan ini? Berikut ulasannya.

45107593 - close-up of female hands. woman writting something and looking at mobile phone screen sitting at her office

Dasar Hukum Surat Izin Gangguan

Surat izin gangguan atau yang disebut dengan HO (Hinderordonnantie) ini nantinya akan menyatakan bahwa tidak ada keberatan atau gangguan atas lokasi usaha yang sedang Anda jalankan di suatu tempat. Dari poin ini maka surat ini akan sangat penting untuk dipenuhi bagi Anda yang ingin menjalankan sebuah usaha atau bisnis. Surat izin gangguan ini sendiri ada dasar hukumnya yaitu Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Selain dasar hukum ini ada juga Peraturan Daerah Kabupaten/Kota yang mengatur secara rinci tentang Retribusi Izin Gangguan. Bahkan pada beberapa kabupaten tertentu ada yang membuat rumusan tersendiri guna menenentukan besaran biaya retribusi ini.

46430251 - mortgage agreement

Prosedur Pengurusan Surat Izin Gangguan

Untuk mendapatkan surat izin gangguan ini sendiri Anda perlu mendatangi Dinas PerizinanDomisili Usaha di tingkat Kabupaten atau Kotamadya dengan membawa beberapa persyaratan yang lengkap. Dan yang perlu Anda ingat tiap-tiap daerah bisa jadi memilki peraturan sendiri-sendiri soal surat izin gangguan ini. hal ini dikarenakan kondisi lingkungan tiap daerah bisa jadi berbeda. Apalagi dengan adanya undang-undang otonomi daerah, maka memang daerah makin bisa mengembangkan dan mengatur daerahnya dengan lebih leluasa. Tapi umumnya aturan surat izin gangguan ini meminta para pengusaha untuk tidak mengganggu lingkungan dan juga mencemari lingkungan dari usaha atau bisnis yang dilakukan.

Untuk poin pembahasan prosedur pengurusan surat izin gangguan ini, penulis akan memberi contoh kasus di DKI Jakarta dimana ada beberapa persyaratan yang dipenuhi seperti :

  • Fotokopi Surat tanah atau bukti lainnya
  • Fotokopi KTP, NPWP
  • Fotokopi Akte Pendirian
  • Fotokopi Tanda Pelunasan PBB
  • Persyaratan tidak berkeberatan dari tetangga atau masyarakat yang berdekatan
  • Daftar bahan baku penunjang
  • Fotokopi IMB/siteplan

Waktu Penyelesaian Surat dan Masa Berlaku

Biasnya waktu penyelesaian surat Izin (HO) ini adalah paling lama 14 hari kerja sejak pengurusan dan persyaratan diyatakan lengkap. Sedangkan untuk pengurusan surat Izin (HO) untuk perpanjangan adalah paling lama lima (5) hari kerja sejak  persyaratannya dinyatakan lengkap. Surat izin ganguan (HO) ini memang mempunyai mas berlaku yaitu tiga (3 ) tahun. Setelah masa berlaku habis maka pengusaha wajib memperpanjangnya dengan syarat tidaka ada subjek dan/atau objek yang mengalami perubahan.

46734180 - closeup of male hand signing insurance papers, contract of house sale or mortgage documents with fountain pen, wooden toy house sitting on paperwork.


Surat Izin Gangguan untuk Dapatkan IMB dan Surat Izin Usaha lanjutan

Jangan sekali-kali meremehkan surat izin gangguan ini. Mengapa? Sebab surat izin gangguan ini bisa dijadikan oleh seorang pengusaha atau pebisnis bisa menggunakan surat ini untuk keperluan mengurus IMB (Izin Mendirikan Bangunan) dan juga Surat Izin Usaha lanjutan seperti :

  • Izin Mendirikan Apotek Dan Toko Obat
  • Surat Izin Usaha Perdagangan
  • Izin Impor Barang Modal Bukan Baru (Bekas)
  • Surat Izin Usaha Hiburan dan perizinan lainnya.

 

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register