Share This Post

Tata Ruang Kota

Surabaya, Kota dengan Masalah Sampah dan Polusi yang Masih Perlu Perhatian Khusus

Surabaya, Kota dengan Masalah Sampah dan Polusi yang Masih Perlu Perhatian Khusus

Berstatus sebagai kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta membuat Surabaya juga tak luput dari permasalahan. Namun permasalahan yang dialami kota pahlawan ini sedikit berbeda dengan Jakarta, meski ada beberapa problematika yang sama pula yang berupa macet dan banjir. Tapi jika menilik pada tingkat kekahwatiran yang ada maka ada permasalahan yang perlu segera dituntaskan di kota ini yaitu masalah sampah dan polusi.

Keberadaan kota Surabaya yang berstatus sebagai ibu kota provisi Jawa Timur ini memang kemudian membuat banyak kaum urban yang datang dari berbagai daerah datang ke sini. Maka tak ayal bila kemudian dalam perkembangannya, kota ini terus tumbuh pesat menjadi pusat bisnis, perdagangan, industri, dan pendidikan di Jawa Timur pada khususnya. Nah dari pertumbuhan kota Surabaya sebagai kota industri inilah maka Surabaya mempunyai permasalahan pada hal sampah dan polusi. Lalu seperti apakah detail permasalahan yang dimaksud ini? Berikut ulasannya.

31254257 - closeup cropped image woman's hand throwing empty paper coffee cup in recycling bin, isolated outside, trees background. recycling, eco friendly approach concept. keep streets, city, earth clean

Sampah dan Problematika

Iklan

Permasalahan akan sampah memang akan selalu menghantui kota-kota besar yang ada di Indonesia maupun di luar negeri. Surabaya pada akhirnya juga menjadi kota yang memiliki permasalahan tersebut. Dengan banyaknya jumlah penduduknya yang mencapai 3 juta jiwa membuat sampah akan selalu datang setiap harinya. Berdasarkan catatan yang ada, sampah di Surabaya sendiri terus meningkat setiap tahunnya. Jika pada tahun 2013 sendiri volume sampah di Surabaya mencapai 11.000 ton/hari.

Namun sayangnya penanganan akan sampah di kota ini selama ini kurang baik dan tertib. Selain juga dari penanganan sampah oleh pemerintah kota, penyebab permasaahan sampah di kota ini adalah kebiasaan beberapa penduduk Surabaya yang terbilang tidak bersih dan tidak tertib. Di kota ini orang-orang yang suka membuang sampah sembarangan memang masih terbilang tinggi. Dari sini maka sampah di Surabaya kemudian menjadi masalah bagi warga dan kota Surabaya itu sendiri. Masalah sampah sendiri juga disebabkan oleh tempat pembuangan sampah sementara yang kurang strategis. Dari permasalahan sampah yang ada di Surabaya ini kemudian memunculkan masalah lain yaitu timbulnya berbagai penyakit.

48387435 - asian man wearing mouth mask against air pollution

Polusi dan Problematika

Berikutnya, problematika dan permasalahan yang dimiliki kota Surabaya adalah polusi. Ya, sebagai kota industri, Surabaya memang kemudian tak bisa lepas dari masalah polusi ini. Bahkan masalah polusi di kota Surabaya ini terkategori cukup parah. Pasalnya menurut Dewi J Putriatni selaku Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa polusi di kota Surabaya menduduki peringkat ketiga polusi terburuk di kawasan Asia setelah Bangkok dan Jakarta. Indeks Pencemaran (IPU) di kota Surabaya sendiri telah mencapai angka 84.49 ditahun 2014. Angka ni tentu saja angka yang rendah untuk sebuah indikator polusi udara yang baik. Penyebab buruknya polusi di Surabaya sendiri adalah karena faktor pusat industri. Selain itu penyebabnya juga bisa berasal dari banyaknya kendaraan dan juga padatnya permukiman.

Untungnya pemerintah Surabaya sejak tahun 2013 terus berjuang menyelamatkan kota Surabaya dengan berbagai cara seperti uji emisi pada setiap kendaraan, roadside monitoring (mengukur kualitas udara di sisi jalan) dan juga membuat taman-taman kota. Beberapa program supaya banyak penduduk Surabaya tidak menggunakan kendaraan juga digencarkan oleh pemkot Surabaya. Beberapa program tersebut antara lain road show Surabaya Bersinar Green and Clean (SBGC) dan juga membangun pedestrian bagi pejalan kaki dengan konsep modern di sepanjang jalan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register