Share This Post

Bangunan

Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Peningkatan suhu bumi kita yang makin meningkat dari waktu ke waktu, membuat kita semua resah dan mangharapkan perbaikan terhadap lingkungan sekeliling kita. Salah satunya dengan menciptakan dan memelihara lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan sejuk. Hal ini tentunya menjadi dambaan banyak orang untuk dapat tinggal di lingkungan yang nyaman dan asri.

Rumah ramah lingkungan, dalam pembangunannya  tidak boleh menggunakan material yang mengganggu alam dan dalam perwujudannya sebagai bangunan itu sendiri diharapkan bisa menjadi sarana penyelarasan alam dan lingkungan di sekitarnya dengan antara  lain memanfaatkan penggunaan energy dan air seefisien mungkin.  Kriteria Rumah ramah lingkungan itu antara lain :

Bahan Bangunan

Bahan yang digunakan tidak merusak lingkungan ataupun menimbulkan polusi.Bahkan sebisa mungkin bisa memanfaatkan potensi alam secara maksimal. Ornamen kayu dan batu adalah salah satu yang bisa mewujudkan rasa nyaman dan ramah lingkungan diantara sekian banyak material lainnya. Bahan bangunan daur ulang juga bisa menjadi pertimbangan dalam penggunaan di dalam bangunan yang akan dibangun.

Energi Alami

Rumah berkonsep ramah lingkungan juga semaksimal mungkin memanfaatkan potensi cahaya matahari untuk pencahayaan didalam bangunan, sehingga penggunaan lampu terutama di siang hari bisa diminimalisir. Contoh lain adalah pemanfaatan solar system untuk air panas juga dapat membantu pengurangan pemakaian listrik.

2 About Urban Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Rumah dengan opening besar


Sirkulasi Udara yang baik

Arsitektur rumah yang ramah lingkungan antara lain mempunyai banyak bukaan untuk sirkulasi udara, untuk mendapatkan udara segar yang bersih. Mendesain rumah atau bangunan dengan minim sekat juga bisa membantu ruangan untuk mendapatkan pencahayaan matahari serta sirkulasi udara yang lebih maksimal.

Salah satunya adalah penggunaan roster ( ornament lubang angin ) sebagai alternative dari penggunaan dinding masif, juga membantu aliran sirkulasi udara bangunan lebih maksimal. Sebagai ganti dari penggunaan AC ( air conditioner ), ceiling fan bisa dimanfaatkan untuk membantu sirkulasi udara di dalam bangunan.

6 About Urban Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Ventilasi udara dari ornament roster­­

Area hijau maksimal

Area hijau maksimal bisa memanfaatkan bukan hanya pada area tanah halaman tapi bisa juga diwujudkan di area-area lain dengan memanfaatkan kreativitas desainer seperti atap ( roof garden ) bisa membantu meredam panas bangunan, dinding ( green wall ) bisa membantu elemen estetika, pagar tanaman,kolam renang dll sehingga bisa menjadi bagian dari elemen estetika bangunan itu sendiri.

4 About Urban Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Resapan yang baik

Pembuatan resapan yang baik dapat membantu mengendalikan banjir dan membantu konservasi air tanah lingkungan sekitarnya.  Memelihara resapan yang disekitar lingkungan rumah tinggal antara tidak membangunan penuh area tanah dengan cor beton sehingga resapan tetap baik ke dalam tanah dan sekitarnya.

5 About Urban Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Carport dengan beberapa bagian hijau


Kondisi Pada Masa pelaksanaan

Tidak merusak alam sekitarnya, antara lain seperti sebisa mungkin tidak merusak alam sekitarnya dengan tidak menebang terlalu banyak pohon-pohon yang ada, Tidak membuang sampah sembarangan di sekitar lokasi pembangunan.Ada baiknya sampah-sampah dapat dikelola ataupun diolah dengan baik.

3 About Urban Membangunan Rumah Ramah Lingkungan

Pada prinsipnya bila kita bisa mewujudkan desain bangunan yang ramah lingkungan, kita akan mewujudkan lingkungan tentunya lingkungan yang lebih hijau, asri, sejuk dan nyaman. Desain rumah ramah lingkungan akan membantu menciptakan lingkungan yang lebih baik. Karena lingkungan yang nyaman dan sehat merupakan idaman kita semua.

Artikel by : Ir. Adinda Dhewiyani ST.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register