Share This Post

Budaya

Masjid Cheng Ho, Masjid Unik Bergaya Budaya Tiongkok, Timur Tengah dan Lokal

Masjid Cheng Ho, Masjid Unik Bergaya Budaya Tiongkok, Timur Tengah dan Lokal

Bagaimana jadinya jika kita mendapati masjid sebagai bangunan peribadatan umat Islam dengan fisik yang mirip dengan keleteng (rumah ibadah umat Tri Dharma), apakah Anda, umat muslim masih tetap mau beribadah di sana? Tentu saja tak ada salahnya beribadah dimana pun, termasuk di masjid Cheng Ho ini asal suci. Lalu mengapa bisa bangunan mesjid Cheng Ho yang ada di Surabaya ini bisa berwujud kelenteng? Berikut Ulasannya.

Bangunan Akulturasi Budaya Tionhoa, Timur Tengah dan Lokal

Dilihat secara fisiknya, masjid yang dibangun mulai tanggal 10 Maret 2002 ini memang  sudah mencerminkan sebuah bangunan yang kental dengan nuansa budaya. Bagaimana tidak, bangunan yang mempunyai desain arsitektur kelenteng sudah pastinya sangat mewakili budaya Tiongkok.

Sedangkan pada beberapa bagian lainnya diterapkan arsitektur budaya Timur Tengah (yang mewakili unsur Islam) dan juga budaya lokal. Dari perpaduan tiga budaya inilah menjadikan masjid yang berlokasi tepat di Jalan Gading No.2 (Belakang Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa), Surabaya ini sangat menarik. Masjid yang diarsiteki oleh Ir. Abdul Aziz dari Bojonegoro ini sendiri diilhami Masjid Niu Jie (Ox Street) di Beijing. Hal ini terlihat dari Gaya Niu Jie tampak pada bagian puncak, atau atap utama, dan mahkota masjid.

1 AboutUrban Masjid Cheng Ho

Sejarah Nama Masjid Chneg Ho

Penamaan Masjid Cheng Ho ini diambil dari nama seorang Laksamana muslim asal China yang bernama Cheng Ho atau Admiral Zhang Hee atau Sam Poo Kong atau Pompu Awang. Laksamana Cheng Ho sendiri memang pernah datang ke Indonesia pada tahun 1410 dan tahun 1416 yang mendarat di pantai Simongan, Semarang.

Ekspedisi yang dilakukan Cheng Ho sendiri juga bertujuan untuk menyebarkan agama Islam sebagai tugasnya sebagai utusan dari Kaisar Yung Lo. Pada waktu Cheng Ho melakukan ekspedisi ke Nusantara Indonesia sendiri, ia mendapatkan amanat untuk mengunjungi Raja Majapahit dan juga menyebarkan agama Islam. Nah dari jasa perjuangan Laksamana Cheng Ho dalam menyebarkan agama Islam ini di Nusantara ini maka kemudian dibangunlah masjid dengan gaya Tionghoa ini.

Ornamen Tiongkok Pada Masjid Cheng Ho

Masjid yang memiliki luas area keseluruhan 21 x 11 meter persegi dan mampu menampung sekitar 200 jama’ah ini memang terdiri dari beberapa bagian. Pada saat kita masuk halaman depan masjid, maka kita akan melihat pintu masuk masjid yang berbentuk pagoda.

Inilah ornamen budaya Tiongkok yang pertama yang kita liat pertama kali saat masuk halaman masjid. Selain pagoda, ada juga relief naga dan patung singa di puncak pagoda yang mencerminkan ornamen Tiongkok. Terkahir, ada warna merah menyala yang menjadi warna khas Daratan Tiongkok.

5 AboutUrban Masjid Cheng Ho

Bagian Dalam Masjid Cheng Ho

Setelah masuk, akan ada anak tangga yang berjumlah lima yang melambangkan rukun Islam. Di dalam masjid sendiri kita bisa menjumpai lafadz Allah pada dindingnya. Pada bagian atau sisi kiri masjid ada bedug sebagai pertanda waktu sholat. Pada bagian lainnya sendiri ada bangunan pendukung dengan posisi yang lebih rendah yang digunakan sebagai gudang dan ruangan serba guna. Masuk ke dalam lagi, kita kan menemui lagi anak tangga yang kali ini berjumlah enam yang melambangkan rukun iman.

Dibagian atas bangunan utamanya sendiri terdapat delapan sisi yang diyakini sebagai Pat Kwa yaitu simbol keberuntungan dalam konsep Tionghoa. Masjid dengan luas bangunan 11 x 9 meter persegi ini memiliki simbol angka 11 sebagai lambang ukuran Ka’bah di Mekkah dan angka 9 sebagai lambang jumlah Wali Songo. Keunikan lain dari masjid ini adalah bentuk tempat imam yang yang lebih mirip pintu gereja.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register