Share This Post

Desain

Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rumah Dinas Bupati Banyuwangi

Pendopo Sabha Swagata Blambangan, Rumah Dinas Bupati Banyuwangi

Sepertinya tak ada banyangan saat kita berlibur ke sebuah tempat rumah pejabat. Memang apa menariknya? Mungkin inilah pertanyaan yang muncul. Tapi jika Anda berkunjung ke Pendopo Sabha Swagata Blambangan yang merupakan rumah dinas bupati Banyuwangi Jawa Timur, maka Anda akan merasa kagum dan serasa berlibur dengan nuansa yang menarik.

Bagaimana tidak, bangunan guest house rumah dinas bupati Banyuwangi ini memiliki desain arsitektur yang sangat unik dan menarik. Bangunan ini memang unik karena memiliki desain berupa bunker (ruang dalam tanah) dengan konsep eco-friendly. Lalu seperti apakah desain Pendopo Sabha Swagata Blambangan ini secara lebih jelasnya? Berikut ulasannya.

Perombakan Pendopo Sabha Swagata Blambangan

Bangunan Pendopo Sabha Swagata Blambangan sendiri sebelum ada bupati Abdullah Azwar Anas hanyalah bangunan biasa. Namun sejak Abdullah Azwar Anas menjabat Bupati Banyuwangi maka Pendopo Sabha Swagata Blambangan ini kemudian dirombak dan direnovasi habis-habisan menjadi bangunan yang unik dan menarik.

Jadinya, lahirlah komplek rumah dinas Bupati unik yang berwujud bunker dan konsep hijau eco-friendly. Karena berwujud bunker (ruang bawah tanah) maka secara penampakan dari luar maka kita tidak akan sama sekali menemukan tanda-tanda keberadaan tempat tinggal. Sebab secara kasat mata, Pendopo Sabha Swagata Blambangan ini hanya nampak lahan miring berumput. Namun saat Anda masuk kedalamnya maka Anda akan mendapati  ada ruangan yang terdiri dari beberapa bagian di dalamnya.

2-about-urban-pendopo-sabha-swagata-blambangan

Arsitek Pendopo Sabha Swagata Blambangan

Arsitek yang mengerjakan perombakan Pendopo Sabha Swagata Blambangan ini sendiri adalah Adi Purnomo, yang merupakan salah satu arsitek terbaik Indonesia. Pendopo Sabha Swagata Blambangan sendiri merupakan bangunan yang berfungsi sebagai tempat menginap para tamu Bupati. Karena adanya perombakan ini maka rumah dinas yang berhadapan dengan Taman Sritanjung dan sudah ada sejak tahun 1771 ini kini banyak sekali ditemukan perubahannya.

Perubahan yang ada adalah seperti pada bagian gerbang paling depan, ada perubahan dari pagar besi menjadi tanaman setinggi orang dewasa. Berikutnya ada musala modern dari terbuat dari kayu serta ruang rapat serta guest house yang berwujud bunker.3-about-urban-pendopo-sabha-swagata-blambangan-cover

Masuk diaera guest house ini kita akan mendapati 3 bagian utama yaitu :

  1. Atap rumput

Namanya juga bunker, maka atap rumah singgah yang satu ini memiliki atap yang unik yaitu atap rumput. Ya, layaknya rumah hobit, maka rumah ini akan beratap tanah dan rumput yang seperti terkubur di dalam tanah.

  1. Bagian dalam guesthouse

Setelah masuk pada bagian dalam guesthouse maka kita akan mendapati beberapa ruangan di dalamnya seperti kamar tamu yang jumlahnya ada 7 dimana pencahayaannya diambil dari cahaya matahari. Berikutnya di dalam guest house ini kita juga akan mendapati area ruang makan yang cukup luas. Di ruang makan ini sendiri terdapat 2 meja panjang besar yang menghadap langsung halaman penuh rumput hijau. Seperti ruang kamar, area makan ini juga memanfaatkan sinar matahari sebagai sumber cahaya alaminya.

  1. Beranda

Bagian terakhir dari guest house di Pendopo Sabha Swagata Blambangan adalah beranda. Bagian ini sendiri terdapat pada setiap kamar yang ada. karena di guest house ini ada total 7 kamar, maka beranda yang ada juga da 7. Beranda di guest house ini sendiri disekat tembok sehingga membuat privasi lebih terjaga. Di bagian ini Anda akan menikmati suasana hijau dan asri yang begitu menenangkan. Keadaan ini makin membuat nyaman dengan adanya kursi dan meja yang merupakan hasil dari kerajinan asli Banyuwangi.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register