Share This Post

Infrastruktur

Infrastruktur Transportasi di Kota Munich. Seperti Apa Sih?

Infrastruktur Transportasi di Kota Munich. Seperti Apa Sih?

Sebagai salah satu kota besar di Jerman, tentu saja Munich membutuhkan sebuah infrastruktur yang mumpuni untuk mendukung kegiatan dan aktivitas warga masyarakatnya. Dan salah satu kebutuhan infrastruktur yang sangat penting tersebut adalah sistem transportasi. Dengan segala upaya yang dilakukan pemerintah akhirnya kota Munich kini memiliki infrastruktur sistem yang sangat baik dan menjadi salah satu yang terbaik di dunia.

Mengapa bisa demikian? Karena transportasi di nkota Munich ini dianggap paling komprehensif dan tepat waktu. menariknya lagi hampir dari keseluruhan transportasi yang ada saling terhubung atau terkoneksi satu sama lain. hal-hal inilah yang kemudian menjadikan infrastuktur sistem transportasi di kota Munich menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Lalu apa saja jenis transportasi yang ada di kota Munichini? Berikut ulasannya.

1-about-urban-infrastruktur-transportasi-di-kota-munich

  1. U-Bahn dan S-Bahn

U-Bahn dan S-Bahn ini sebenarnya satu wujud yang sama yaitu kereta. Bedannya adalah jika U-Bahn ini merupakan kereta yang berjalan dibawah. Kata U-Bahn sendiri memang merupakan akronim dari Unter-Bahn yang berarti kereta api bawah. Sedangkan S-Bahn yang merupakan akronim dari strassen-Bahn nmerupakan sebaliknya adalah kereta api yang berada diatas tanah. Meski konsepnya berbeda, tapi untuk U-Bahn dan S-Bahn di kota Munich atau umumnya di Jerman ini dibeberapa tempat atau lokasi bisa bertemu disatu titik.

Bahkan stasiun tempat menunggu U-Bahn dan S-Bahn ini pun hampir sama. Tapi meski dalam beberapa hal kedua wujud jenis transportasi ini sama tapi Anda jangan asal naik, karena U-bahn dan S-Bahn memiliki rute dan jurusan yang tidak sama. Untuk menggunakan transportasi ini Anda harus membayar dana sekitar 2,3 Euro. Untuk mendapatkan tiket dari U-Bahn dan S-Bahn ini Anda bisa mendapatkannya dan membelinya melalui mesin yang ada disetiap stasiun. Jika Anda tak punya uang tunai untuk membeli tiket U-Bahn atau S-Bahn di stasiun ini maka Anda bisa membayarnya dengan kartu debit melalui mesin yang sama.

Bila Anda masih baru di Kota Munich ini dan binggung dengan rute-rute yang ada, maka Anda bisa memanfatkan layanan MVV App Companion yang disediakan oleh U-Bahn. Dengan layanan  ini maka Anda akan bisa melihat peta, jadwal dan alternatif rute serta juga informasi tentang kemacetan atau penundaan keberangkatan kereta.

3-about-urban-infrastruktur-transportasi-di-kota-munich

  1. Bis

Pilihan transportasi berikutnya yang bisa Anda gunakan di kota Munich, Jerman ini adalah Bis. Ya, bila Anda ingin menikmati perjalanan dengan bis ini maka Anda bisa membeli membeli tiketnya langsung ke supir saat naik. Tiket yang kita dapatkan sendiri adalah tiket sekali jalan atau Einzehlfahrkarte. Untuk mendapatkan transportasi ini sendiri sangatlah mudah karena sangat mudah untuk dikenali. Pada setiap bis yang ada sendiri memiliki nomor dan jurusan masing-masing. untuk bisa naik turun kita juga harus bersiap didepan halte yang disediakan. Jangan sampai menunggu di sembarang tempat karena Anda tidak akan bisa naik.

4-about-urban-infrastruktur-transportasi-di-kota-munich

  1. Ruftaxi

Terakhir, transportasi yang bisa Anda pilih di kota Munich, jerman ini adalah Ruftaxi. Ruftaxi sendiri merupakan taksi yang kita bisa panggil dengan cara menelepon ke perusahaan penyedianya. Nomor telepon dari perusahaan penyedia Ruftaxi ini sendiri bisa Anda dapatkan di halte bis tempat Anda nanti akan naik taksi tersebut.

Namun untuk menggunakan Ruftaxi ini Anda harus meneleponnya paling tidak satu jam sebelum jadwal yang tertera. Ruftaxi ini sendiri memiliki rute yang sama dengan bis, namun Ruftaxi ini hanya akan beroperasi saat bis sudah tidak beroperasi (misalnya jam-jam sepi atau jam malam menjelang subuh).  Jadi perhatikan juga waktu-waktu penggunaan transportasi ini. Sedangkan untuk ongkos yang harus dibayar pada Ruftaxi ini adalah sama seperti ongkos naik bis sekali jalan

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register