Share This Post

Perizinan

Inilah Tata Cara Pemberian Izin Usaha Kawasan Industri

Inilah Tata Cara Pemberian Izin Usaha Kawasan Industri

Pembangunan memang tak bisa dilakukan secara sembarangan. Dengan adanya pengaruh besar pada lingkungan dan juga pada kondisi perkotaan secara umum maka semua pembangunan yang akan dilakukan harus memenuhi berbagai aturan, persyaratan dan juga perizinan yang berlaku dikota tau negara setempat. Di Indonesia sendiri peraturan, perizinan dan persyaratan dalam hal pendirian bangunan ini sudah diatur sejak dulu kala.

Peraturan tentang pendirian bangunan atau beberapa bangunan yang membentuk sebuah kawasan untuk penggunaan tertentu ini sendiri terus diperbarui mengikuti perubahan dan kebutuhan yang ada. Hal ini termasuk untuk pembanguanan kawasan industri yang notabene sangat krusial dalam pengaruhnya terhadap lingkungan. Lalu seperti apakah pengaturan untuk kawasan industri di indonesia ini? Berikut ulasannya.

Peraturan yang Mengikat Pembangunan Kawasan Industri

Kawasan industri yang merupakan kawasan tempat pemusatan kegiatan Industri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana penunjang dan dikelola oleh perusahaan kawasan industri ini diikat oleh sebuah peraturan. Dan aturan yang mengikat kawasan industri ini adalah Peraturan Menteri Perindustrian No. 05-M-IND/PER/2/2014 tentang Tata Cara Pemberian Izin Usaha Kawasan Industri Dan Izin Perluasan Kawasan Industri.

The welder weld root weld from inside of the housing of chemical apparatus

Izin Usaha Kawasan Industri

Untuk mendapatkan Izin usaha dan izin perluasan kawasan industri maka beberapa hal perlu diperhatikan yaitu :

  • Perusahaan kawasan industri harus sudah memiliki badan hukum yang berkedudukan di Indonesia. Badan hukum ini sendiri dapat berupa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) , Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), koperasi atau juga badan usaha swasata.
  • Perusahaan kawasan industri juga wajib menyediakan minimal 2% lahannya bagi kegiatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
  • Untuk mendapatkan Izin Usaha ini, pemohon juga wajib mendapatkan persetujuan prinsip yang diajukan. Pengajuan ini sendiri harus menggunakan Formulir Model PMK-I dengan melampirkan beberapa dokumen seperti fotokopi Akta Pendirian Perusahaan, fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), sketsa rencana lokasi (desa, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi); dan juga surat pernyataan bahwa rencana lokasi memang terletak dalam kawasan yang diperuntukkan kegiatan industri sesuai rencana tata ruang wilayah.

Pihak yang Mengeluarkan Surat Izin Kawasan Industri

Sedangkan pihak yang mengeluarkan surat izin ini sendiri adalah :

  1. Bupati/Walikota jika Kawasan Industri berlokasi di kabupaten/kota;
  2. Gubernur jiika Kawasan Industri berlokasi di lintas wilayah kabupaten/kota
  3. Menteri jika Kawasan Industri tersebut berlokasi di lintas wilayah provinsi dan juga Kawasan Industri yang merupakan wujud dari penanaman modal asing Dalam hal ini Menteri Perindustrian sendiri akan mendelegasikan kewenangannya pada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Pejabat berwenang ini sendiri akan mengeluarkan persetujuan prinsip selambat-lambatnya 5 (lima) hari kerja sejak permohonan persetujuan prinsip diterima.

Power plant in the night, Minsk, Belarus

Ketentuan Umum Perusahaan Kawasan Industri untuk Mendapatkan Izin Usaha

Secara umum untuk bisa mendapatkan Izin Usaha ini maka Perusahaan kawasan industri harus telah memenuhi ketentuan berikut ini yaitu:

  1. Mengisi formulir permohonan izin usaha kawasan industri model PMK-III dan juga melampirkan data kemajuan pembangunan kawasan industri terakhir dengan menggunakan formulir model PMK-II
  2. Memenuhi ketentuan pedoman teknis kawasan industri
  3. Siap beroperasi, dimana sekurang-kurangnya telah memiliki prasarana dan sarana penunjang yang meliputi jalan masuk ke kawasan industri, jaringan jalan dan saluran air hujan dalam kawasan industri, serta instalasi pengolahan air limbah bagi kawasan industri, kantor pengelola. Berita acara pemeriksaan (BAP) lapangan oleh tim penilai KI juga harus telah dibuatkan. BAP sendiri berisi pernyataan bahwa kepada perusahaan yang bersangkutan dapat diberikan Izin Usaha kawasan industri.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register