Share This Post

Infrastruktur

Menilik Sistem Infrastruktur Transportasi di Kota London

Menilik Sistem Infrastruktur Transportasi di Kota London

Sebagai salah satu negara pelopor perubahan industri dari riwayat revolusi Industrinya wajar bila kemudian kota London di Inggris menjadi kota modern di Eropa dan dunia. Perwujudan kota modern di Ibu kota Inggris ini sendiri bisa kita lihat dari infrastruktur transportasi yang ada di dalamnya. Karena merupakan kota modern maka infratruktur transportasi yang ada kota London pun juga terbilang sangat mumpuni. Ya, London memang menjadi salah satu kota dengan transportasi terbaik di dunia. Bagaimana tidak, dengan luas area yang mencapai 600 mil persegi, seseroang bisa menjelajah seluruh kota London dengan dengan memanfaatkan jaringan kereta api bawah tanah dan juga bus.

Manajemen Transportasi yang Handal

Tidak hanya soal sarana transportasi yang disajikan dengan sangat apik disana, tapi manajemen oleh pihak yang mengelolanya juga terbilang handal. Ya, sebagai wujud dari pelayanan publik, pemerintah lokal di kota London memang tidak mau main-main dalam pengelolaan infrastruktur transportasi ini. Maka dari itu sejak dulu, pemerintah kota London membuat badan bernama Transport for London  (TfL) yang bertugas dan bertanggung jawab atas sistem transportasi yang ada di Kota London, Inggris. TfL ini sendiri memiliki tiga direktorat utama dalam membentuk sistem transportasi yang ada. Tiga direktorat utama adalah:

Iklan

0640-f14

  1. London Underground 

Sistem transportasi pertama di kota London, Inggris adalah London Underground yang berwujud kereta api bawah tanah atau biasa disebut sebagai tube. Sistem transportasi London Underground ini sendiri merupakan jaringan kereta api tertua di dunia karena sudah ada dan telah beroperasi sejak tahun 1863. Kepemilikan Tube atau London Underground sebenarnya dimiliki pemerintah lokal, tapi dalam pengelolaan dan perawatannya diserahkan kepada 2 perusahaan swasta. Ada tiga jalur yang menjadi rute dari kereta bawah tanah tube ini yaitu:

  1. BCV: Bakerloo, Tengah, Victoria dan Waterloo & City
  2. JNP: Jubilee, Northern dan Piccadilly
  3. SSR (Sub Surface Kereta Api): Metropolitan, District, Circle dan Hammersmith & City

Tube atau London Underground tidak beroperasi selama 24 jam sehari , kecuali pada momen Tahun Baru dan agenda publik seperti  Queen’s Golden Jubilee pada 2002 dan Upacara Pembukaan dan Penutupan Olimpiade London pada tahun 2012. Tidak beroperasinya Tube ini sendiri dikarenakan jaringan ini hanya memiliki dua trek (satu di masing-masing arah) yang dimana pada malam harinya digunakan untuk melakukan pembersihan dan pemeliharaan. Untuk menggunakan jaringan transportasi ini Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp 42 ribu rupiah untuk sekali jalan.

Christmas in London

  1. London Bus

Berikutnya, piihan transportasi di Kota London, Inggris adalah London Bus. Sesuai dengan namanya, London Bus adalah transportasi yang berwujud bus atau kendaraan roda empat di permukaan tanah. Bus di kota London sendiri terihat sangat khas yaitu berwarna merah dan bertingkat. Pengelolaan bus ini sendiri sebagian besar dilakukan oleh jasa kontraktor sektor swasta operator bus. Dalam manajemennya ini pihak swasta menggabungkan CentreComm, London Bus Command & Control Centre yang merupakan sebuah Pusat Kontrol Darurat 24 hour berbasis di Southwark. Untuk memanfaatkan London Bus ini Anda bisa temui di sekitar 39 halte yang tersebar di seluruh penjuru kota London. Tiket Londos Bus ini juga memiliki harga yanglebih murah dibandingkan kereta api dan taksi.

  1. London Rail

Terakhir, piihan transportasi di Kota London, Inggris adalah Londol Rail. Transportasi yang satu ini berwujud kereta api di permukaan tanah (London Overground) dan trem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register