Share This Post

Tata Ruang Kota

Penataan Kota Untuk Masa Depan, Ayo Peduli Bersama

Penataan Kota Untuk Masa Depan, Ayo Peduli Bersama

Kota bukan hanya sebuah objek wilayah tempat manusia hidup dan beraktivitas. Namun dengan segala kompleksitas bagian yang menyatukan kota, maka wilayah ini juga bisa menjadi ruang untuk tumbuh kembangnya sebuah peradaban. Lihat saja bagaimana kisah beberapa kota kuno seperti Mesopotamia di Irak atau kota Mohenjo Daro dan Harappa di Pakistan yang terkenal karena peradabannya yang tinggi. Tentu saja apa yang telah dicapai ketiga kota kuno ini bukan begitu saja muncul tanpa usaha.

Namun seperti juga kota-kota modern saat ini, peradaban tinggi pada kota Mesopotamia, Mohenjo Daro dan Harappa juga dicapai dengan usaha dan perjuangan. Lalu bagaimana dengan kota-kota di Indonesia? Menilik berbagai pelaporan dan data yang ada, tata ruang kota-kota di Indonesia ini masih tergolong kurang baik dan masih perlu terus diperbaiki.

Pentingnya Sebuah Tata Kota

Salah satu bagian atau komponen dari kota yang mampu membuat peradaban manusia menjadi lebih baik adalah tata kota. Tata atau penataan kota memang sangat penting bagi sebuah kota. Semakin baik tata sebuah kota maka akan semakin besar pula peluang kota tersebut untuk tumbuh menjadi ruang yang menyehatkan dan menyejahterakan.

Jika sebuah ruang tempat tinggal ini sudah mampu memberikan banyak kebaikan bagi para penghuninya secara berkelanjutan maka kota tersebut akan segera berkembang dan bertumbuh sebagai kota berperadaban tinggi. Tata ruang kota sendiri pada akhirnya memang bukan kepentingan untuk satu pihak atau satu kelompok saja. Namun melihat dari penjelasan manfaatnya tadi maka tata ruang kota ini mempunyai dampak dan kepentingan bersama untuk seluruh warga kotanya.

Bagaimana Jika Penataan Kota Sudah Semrawut?

Tata kota sendiri bisa berwujud dua hal yaitu tata kota yang baik dan juga tata kota yang buruk atau semrawut. Yang jadi masalah disini adalah ketika tata ruang kota tersebut tergolong buruk atau semrawut seperti yang dialami oleh kebanyakan kota-kota di Indonesia. Ketika tata ruang disebuah kota ini semrawut pastinya akan menimbulkan munculnya berbagai persoalan.

Di Indonesia sendiri persoalan tata ruang kota selalu menjadi pembahasan yang tiada henti. Kota yang ada di Indonesia ini memang banyak yang tumbuh tanpa perencanaan tata kota sebelumnya. Walhasil saat kota sudah mulai dalam tahap perkembangan maka akan memunculkan banyak masalah seperti banjir, pemukiman kumuh, kemacetan, polusi, dan juga pemandangan kota yang tidak sedap dipandang mata.

Ayo Sadar dan Peduli Bersama

Mengingat pentingnya tata kota bagi kehidupan para penghuninya ini maka semua pihak harusnya bisa sadar dan peduli terhadap hal tersebut. Kenapa kita sebagai warga harus ikut peduli pada tata ruang kota? Memang penataan kota ini lebih menjadi tanggung jawab pemerintah. Namun bukan berarti kita tidak punya hak untuk ikut berkontribusi.

Anda yang memiliki pengetahuan dan keahlian dalam hal tata kota tentu bisa ikut menyumbang ide dan pikiran perihal tata ruang kota ini kepada pemerintah. Anda berhak untuk itu karena kota ini juga tempat hidup dan bertempat tinggal serta untuk menggapai masa depan Anda. Tapi jika memang kita tak punya kompetensi untuk menyumbang gagasan tata ruang kota maka kita masih bisa berpartisipasi dengan cara menjaga dan merawat kota dengan baik.

 

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register