Share This Post

Desain

Penataan Taman di Sisa Area Rumah, Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Penataan Taman di Sisa Area Rumah, Bagaimana Cara Memaksimalkannya?

Sebuah rumah sebagai tempat tinggal tentu akan lebih menarik dengan adanya taman. Dengan adanya taman yang berfungi sebagai area hijau ini pastinya akan membuat dan menjadikan rumah Anda jadi lebih asri dan sejuk. Sayangnya untuk membuat area hijau sebagai taman rumah ini tidaklah mudah. Pasalnya area taman ini pastinya membutuhkan area atau lahan khusus yang cukup.

Pada akhirnya permasalahan membuat taman ini umumnya akan muncul pada para pemilik rumah dengan luasan yang kecil. Namun meski memiliki rumah dengan luasan yang sempit bukan berarti Anda tak bisa memiliki taman. Dengan menerapkan sebuah trik dan strategi maka bisa saja taman yang indah nan asri bisa hadir di rumah Anda. Berikut ulasannya.

  1. Pilih Tanaman yang Kecil dan Indah

Tips dan trik pertama untuk bisa memaksimalkan sisa ruang di rumah untuk membuat taman yang indah adalah dengan melakukan pemilihan tanaman. Dengan lahan yang kecil tentu Anda tidak mungkin menggunakan tanaman dengan ukuran yang besar. Tapi sebaliknya untuk bisa mengatasi lahan atau area kecil pada penataan taman, Anda harus memilih tanaman dengan ukuran yang kecil. Meski dengan tanaman yang kecil, Anda tak perlu khawatir, sebab kini sudah banyak tanaman mungil yang indah dan menarik untuk Anda pilih dan terapkan pada taman rumah.

  1. Atur Jarak Tanam dan Terapkan Pola Satu Garis Lurus

Berikutnya, trik mengoptimalkan sisa ruang di rumah untuk membuat taman adalah dengan mengatur jarak tanam. Untuk lahan yang kecil ini Anda bisa membuat jarak tanam yang berdekatan antar tanaman. Anda memang tak punya pilihan lain untuk hal ini. Dengan jarak yang berdekatan ini Anda bisa memaksimalkan ruang ini dengan penerapan beberapa tanaman yang lebih banyak. Tidak lupa juga lakukan teknik atau metode penanaman dengan pola lurus atau satu garis untuk ruang yang kecil tersebut. Walaupun Anda terkesan harus memaksakan diri untuk penataan ini namun dengan teknik ini Anda tetap bisa memiliki taman yang indah dan asri.

  1. Buatlah Paving

Karena taman Anda berada di lahan yang kecil di sisi rumah, maka Anda perlu membuat paving. Untuk apa? Tentu saja paving ini dibuat untuk memproteksi atau melindungi tanaman dari langkah orang-orang yang lewat disekitar lingkungan taman. Resiko taman yang memiliki area kecil dari rumah untuk terinjak-injak orang ini memang sangat besar. Maka dari itu agar tidak sia-sia taman yang telah Anda buat, pembuatan paving sangat penting untuk dilakukan.

  1. Perhatikan Sisi Rumah yang Akan Dijadikan Taman

Terakhir, trik membuat dan memaksimalkan taman dengan area yang terbatas adalah dengan menetapkan sisi atau bagian rumah yang tepat. Memang tidak semua sudut rumah bisa baik untuk dijadikan area hijau taman. Pasalnya tamanan yang merupakan makhluk hidup ini membutuhkan cahaya matahari untuk proses fotosintesis guna kelangsungan hidupnya. Jadi sebelum benar-benar membuat taman, maka Anda harus bisa memastikan bahwa ruang atau tempat yang akan dijadikan ruang hijau taman ini memiliki akses ke sinar matahari.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai trik utnuk memaksimalkan dan mengoptimalkan ruang kecil di rumah untuk pembuatan taman. Dan bila memang Anda sedang memikirkan sebuah ruang hijau taman dengan lahan yang kecil dari rumah, maka trik diatas dapat Anda coba untuk diaplikasikan.

 

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register