Share This Post

Infrastruktur

Apa itu RPTRA?

Apa itu RPTRA?

Sekarang ini Jakarta sebagai kota metropolitan sudah mulai kehilangan ruang publik anak-anak bermain. Tak jarang akhirnya anak-anak lebih berdiam di dalam rumah, dan kurang bersosialisasi dengan anak-anak lainnya. Apakah iya kita sudah kehilangan yang namanya Ruang Terbuka di lingkungan tempat tinggal kita?

Sebelum kita jauh membahas hal ini, kita pecahkan dulu satu persatu. Apakah Anda mengetahui apa itu RPTRA? RPTRA adalah singkatan dari Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, yang kini sepertinya perlahan hilang dari lingkungan kita. Padahal, RPTRA ini perannya sangat lah penting.

Selain memberikan ruang terbuka untuk public, RPTRA juga sekaligus menjadi wahana permainan dan tumbuh kembang anak, yang menjadi sarana kemitraan antara Pemda dan masyarakat dalam memenuhi hak anak serta menjadi sarana kegiatan sosial warga termasuk pengembangan pengetahuan dan keterampilan Kader PKK. Kemudian RPTRA juga merupakan ruang terbuka hijau dan tempat penyerapan air tanah.

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak

RPTRA sendiri bertujuan menyediakan ruang terbuka untuk memenuhi hak anak agar anak dapat hidup, tumbuh, berkembang dan berpartisipasi secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Kemudian sebagai prasarana dan sarana kemitraan antara Pemerintah Daerah dan masyarakat dalam memenuhi hak anak dan sebagai Kota Layak Anak, serta sebagai sarana uniuk pelaksanaan kegiatan 10 (sepuluh) program pokok PKK hingga pengembangan pengetahuan dan keterampilan Kader PKK.

Jika kita memiliki Ruang Publik Terpadu Ramah Anak, kita bisa melakukan sejumlah kegiatan positif untuk anak-anak kita, seperti:

  1. Bina Keluarga Balita Pendidikan Anak Usia Dini (BKB-PAUD).
  2. Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).
  3. Perpustakaan anak.
  4. Tempat berolah raga.
  5. Tempat bermain.
  6. Kegiatan kreatif anak.

Dengan adanya RPTRA masyarakat juga dapat memanfaatkannya sebagai tempat kegiatan kebencanaan, yang terdiri dari tempat mengungsi sementara saat banjir, kebakaran, serta bencana lainnya.

Hingga bulan September 2016, ada sekitar 55 RPTRA yang sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta. Untuk detail letak RPTRA yang ada di DKI Jakarta, Anda bisa melihatnya di http://bit.ly/2fMTcSI

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register