Share This Post

Sosok

Peran Basuki Tjahaja Purnama Mempercantik Jakarta

Peran Basuki Tjahaja Purnama Mempercantik Jakarta

Sebagai ibukota dari Republik Indonesia, peran dari Gubernur tentu sangat berdampak besar bagi perkembangan DKI Jakarta. Mulai dari pertumbuhan ekonomi hingga infrastrukturnya.

Dengan segala kontroversinya, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disapa Ahok, memiliki andil besar dalam mempercantik Kota Jakarta. Seperti penertiban Kalijodo. Kalijodo ditertibkan dengan alasan melanggar jalur hijau. Kalijodo sendiri adalah area yang terkenal sebagai tempat prostitusi, penjualan alkohol, hiburan malam, dan perjudian. Penertiban ini sebenarnya berjalan lancar dan penduduk bersedia dipindah ke rusunawa atau dipulangkan.

4-about-urban-basuki-tjahaja-purnama

Selain itu, untuk mempercantik destinasi wisata di Jakarta, Ahok, juga meminta kewajiban pengusaha untuk merestorasi kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, sampai kawasan Pasar Ikan, dan kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR).

Dibawah kepemimpinan Ahok, sejumlah sungai atau kali di Jakarta tak luput dari proyek normalisasi agar kasus banjir di Jakarta tidak semakin parah. Normalisasi kali meliputi Kali Sunter, Waduk Rawa Badung, Cengkareng Drain, Waduk Kebon Melati, hingga pembangunan sodetan Kali Ciliwung.

1-about-urban-basuki-tjahaja-purnama

Agar masyarakat lebih nyaman menggunakan transportasi umum, Ahok juga menjalankan sejumlah proyek seperti Bus Gratis dan Bus Tingkat Pariwisata yang melintas di sejumlah kawasan seperti Harmoni hingga Bunderan Senayan, pembenahan pada Bus Transjakarta, sampai renovasi sejumlah terminal seperti Terminal Rawamangun, Terminal Klender Terminal Manggarai, dll.

Bahkan sebagai antisipasi makin membludaknya tingkat kemacetan di Ibukota, Basuki Tjahaja Purnama merealisasikan pembangunan sejumlah jalan layang seperti Jalan Layang Kuningan, Layang Permata Hijau, hingga Layang Semanggi baru.

Penertiban bangunan liar yang tidak memiliki izin mendirikan bangunan atau berdiri diatas lahan milik pemerintah juga dilakukan Ahok agar tata ruang di Jakarta semakin baik. Dapat terlihat dari relokasi sejumlah hunian seperti Kampung Pulo, Kalijodo, dan Bukit Duri. Dimana para warga yang rumahnya tergusur mendapatkan tempat tinggal baru, berupa Rusunawa.

Share This Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register