Share This Post

Bangunan

Giri Wijaya Wikasatrian, Bangunan Unik Berbentuk Kura-Kura Karya PT Wijaya Karya di Bogor

Giri Wijaya Wikasatrian, Bangunan Unik Berbentuk Kura-Kura Karya PT Wijaya Karya di Bogor

PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau sering disingkat WIKA merupakan salah satu perusahaan konstruksi di Indonesia yang sering mengerjakan proyek-proyek pembangunan dari negara. Sebagai salah satu kontraktor, ternyata PT Wijaya Karya juga punya bangunan unik yang berada di Gadog, Bogor, Jawa Barat. Bangunan unik dan menarik yang berada di sekitar kaki Gunung Pangrango adalah Giri Wijaya Wikasatrian. Lalu seperti apakah bangunan Giri Wijaya Wikasatrian tersebut? Berikut ulasanya.

Asal Usul Nama Giri Wijaya Wikasatrian

Nama Giri Wijaya Wikasatrian ini terdiri dari dua kata yakni Giri wijaya yang berarti Gunung Wijaya dan Wikasatrian yang diambil dari nama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) sebagai kontraktor sekaligus pemilik gedung tersebut. Bangunan Giri Wijaya Wikasatrian dibangun oleh WIKA dengan tujuan untuk pusat pelatihan kepemimpinan para petinggi perusahaan. Meski dikhususkan untuk para petinggi perusahaan, namun masyarakat umum juga bisa masuk untuk melihat keunikan arsitekturnya.

Iklan

Keunikan Giri Wijaya Wikasatrian

Giri Wijaya Wikasatrian yang berada di tengah perumahan padat ini berlokasi di area yang cukup tinggi dengan lingkungan nan hijau termasuk hamparan rumput hijau di sekitarnya. Bangunan Giri Wijaya Wikasatrian sendiri memang unik karena bentuknya menyerupai kura-kura. Uniknya lagi Giri Wijaya Wikasatrian memiliki bangunan yang tidak simetris (asimetris) pada setiap sisi kanan atau kirinya. Ternyata Giri Wijaya Wikasatrian yang asimetris tersebut sengaja dibuat sedemikian rupa untuk menciptakan kesan yang berbeda dari bangunan lain.

Giri Wijaya Wikasatrian White

Bentuk sisi yang tidak simetris ini juga membuat bangunan Giri Wijaya Wikasatrian nampak seperti tubuh Semar bila dilihat dari atas. Secara keseluruhan bangunan ini dilengkapi kaca-kaca lebar pada setiap dindingnya. Dindingnya sendiri memiliki bentuk mirip sirip-sirip ikan dengan jumlah tujuh pada sisi bawah dan atas. Jumlah tujuh pada dinding yang terlihat mirip sirip ikan tersebut menyimbolkan beberapa hal seperti langit tujuh lapis, samudera yang berjumlah tujuh serta jumlah kapal pinisi yang berlayar tujuh. Untuk menopang dinding sirip ini ada pilar yang dibuat dari cor baja dengan warna putih.

Beberapa Ruangan di Giri Wijaya Wikasatrian

Masuk ke Giri Wijaya Wikasatrian kita akan disambut oleh pintu kaca lebar dengan dinding yang melengkung. Setelah itu ada meja kayu berbentuk ombak dengan hiasan ornamen Kapal Pinisi di belakangnya. Dari sini Anda yang berbelok ke arah kiri akan mendapati sebuah ruangan bernama Giri Sasana. Ruangan paling luas yang terdapat 200-an kursi dan meja tersebut difungsikan sebagai tempat pusat pelatihan. Setiap meja di ruangan Giri Sasana ini sendiri telah dilengkapi dengan pengeras suara yang modern. Dengan formasi kursi yang berundak atau bertingkat membuat semua orang bisa melihat langsung ke arah panggung.

Hal menarik di ruangan Giri Sasana ini bisa kita jumpai pada latar belakang panggung yang terdiri dari susunan kaca-kaca lebar. Karena kaca-kaca lebar tersebut terhubung dengan bagian luar ruangan maka kita yang berada di dalam bisa merasakan sensasi di luar ruangan.

Ruangan berikutnya yang bisa kita jumpai di Giri Wijaya Wikasatrian adalah Giri Budaya. Saat menuju ruangan ini kita akan mendapati sebuah area yang terbilang lebar dengan lantai bertingkat split level tiga. Fungsi dari ruangan Giri Budaya adalah sebagai pendapa untuk berkumpul dan menjalin relasi. Sesuai dengan namanya maka di sini kita juga akan bisa mendapati pelatihan budaya seperti gamelan dan wayang. Di ruangan Giri Budaya ini kita juga bisa mendapati suasana di luar ruangan karena adanya kaca-kaca lebar yang terhubung dengan area luar.

Selanjutnya di Giri Wijaya Wikasatrian ini kita juga akan mendapati ruangan Giri Pustaka. Sesuai dengan namanya maka di ruang Giri Pustaka ini kita bisa mendapati ratusan koleksi buku sejarah bangsa dan pendidikan budaya Indonesia.

Untuk Anda yang berminat mengunjungi Giri Wijaya Wikasatrian maka Anda harus menuju alamat Desa Pasir Angin, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register