Share This Post

Perizinan

Mau Dirikan Kos-kosan? Ketahui Tata Perizinan Baru Izin Membangunnya Berikut Ini

Perizinan Membangun Kos-kosan

Di kota-kota besar, kebutuhan tempat tinggal memang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan banyaknya perantau dari daerah yang datang untuk bekerja atau juga kuliah. Karena harga rumah yang sangat mahal di kota membuat kemunculan rumah-rumah yang disewakan seperti kos-kosan. Dengan menyewa rumah kos memang seseorang hanya perlu membayar uang bulanan yang ringan dibanding membeli rumah langsung. Dalam perkembangannya rumah kos sangat diminati baik itu oleh yang membutuhkan atau juga bagi orang yang tertarik menjalankan bisnis. Karena semakin hari keberadaan rumah kos ini semakin menjamur maka muncul peraturan untuk pembangunan dan pendiriannya. Jadi Anda yang ingin mendirikan rumah kos perlu memperhatikan beberapa tata perizinan serta persyaratannya berikut ini.

Perizinan Membangun Kos-kosan

Tiga Macam Izin Pendirian Usaha Rumah Kos

Perizinan pendirian dan pembangunan rumah kos ini terbagi menjadi dua macam yakni :

Iklan
  1. Perizinan untuk rumah kos kurang dari 10 kamar dengan tanah pekarangan di rumah
  2. Perizinan untuk rumah kos lebih dari 10 kamar dengan tanah pekarangan di rumah
  3. Perizinan untuk rumah kos dengan tanah sawah dengan berapa pun jumlah kamarnya
  1. Perizinan untuk rumah kos kurang dari 10 kamar dengan tanah pekarangan di rumah

Untuk mendirikan usaha rumah kos di tanah pekarangan rumah dengan kamar kurang dari 10, maka ada dua perizinan yang perlu diurus, yakni :

  • IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

IMB yaitu perizinan untuk membangun, merobohkan atau menambah sebuah bangunan, termasuk rumah kos. Perizinan ini akan dikeluarkan oleh kepala daerah setempat (pemerintah kota/kabupaten). Dari adanya IMB maka Anda sebagai pemilik rumah kos akan terhindar dari sanksi pemerintah.

  • Izin operasional /HO (izin gangguan)

Rumah kos yang merupakan bentuk usaha maka diperlukan izin operasional atau izin gangguan (HO/ Hinder Ordonantie) agar lingkungan sekitar juga merasa aman dan nyaman dengan keberadaan rumah kos.

  1. Perizinan untuk rumah kos lebih dari 10 kamar dengan tanah pekarangan di rumah

Bila rumah kos yang akan bangun di pekarangan rumah direncanakan berjumlah lebih dari 10 kamar maka perizinannya adalah sebagai berikut :

  • IMB
  • Izin Operasional
  • IPT

IPT atau Izin Pemanfaatan Tanah merupakan surat izin untuk pemanfaatan tanah pribadi atau badan untuk peruntukan kegiatan atau usaha pada perubahan tanah.

  • Dokumen Lingkungan

Perizinan dokumen lingkungan juga perlu diurus dengan tujuan memberikan perlindungan pada lingkugan dari dampak dari kegiatan usaha rumah kos.

  • Site Plan

Untuk membangun rumah kos juga diperlukan dokumen site plan yang merupakan gambar dua dimensi untuk rencana pada kaveling tanah rumah kos. Dari sini terlihat bagaimana rencana jalan, listrik, air, dan fasilitas umum serta fasilitas sosial lainnya yang berkaitan dengan rumah kos yang akan didirikan.

  1. Perizinan untuk rumah kos dengan tanah sawah dengan berapa pun jumlah kamarnya

Sementara itu untuk rumah kos yang akan didirikan di atas tanah sawah dengan berapa pun jumlah kamarnya maka prosedur perizinannya adalah :

  • IMB
  • Izin Operasional
  • Mengurus IPT
  • Dokumen lingkungan
  • Site Plan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register