Share This Post

Infrastruktur

Inilah 4 Cara untuk Jadikan Kota Lebih Ramah Pejalan Kaki

kota-ramah-pejalan-kaki

Perkembangan dan pertumbuhan kota yang semakin pesat memang membuat munculnya banyak permasalahan, termasuk salah satunya adalah keadaan kota yang tak ramah pejalan kaki. Faktor kepadatan kota yang terus meningkat diyakini menjadi penyebab utama yang sering membuat munculnya problem kota yang tak ramah bagi pejalan kaki. Permasalahan ini tentu tidak bisa dibiarkan. Hal ini dikarenakan kota yang tak ramah pejalan kaki membuat tingkat kenyamanan jadi menurun.

kota-ramah-pejalan-kaki

Salah satu ahli perencana kota yakni Jeff Speck memiliki teori kenyamanan berjalan kaki yang dianggap bisa mengatasi problem kota tersebut. Dari teori ini terdapat 4 cara atau solusi yang ditawarkan Jeff Speck untuk membuat jalanan yang ada di kota jadi lebih ramah bagi para pejalan kaki. Tidak hanya nyaman bagi pejalan kaki, teori dari Jeff Speck juga diyakni mampu menciptakan kenyamaman bagi para pesepeda. Lalu seperti apakah 4 cara untuk menjadikan kota menjadi ramah pejalan kaki? Berikut ulasannya.

  1. Harus Bertujuan

Cara pertama untuk mewujudkan kota ramah pejalan kaki adalah dengan membuat jalan yang bertujuan. Pembuatan jalan di kota memang tak boleh sembarangan serta harus memiliki tujuan yang bermanfaat. Keberadaan lahan di kota yang semakin menyempit membuat jalan yang ada harus benar-benar digunakan untuk tujuan yang pasti. Untuk membuat jalanan yang bertujuan, terutama bagi para pejalan kaki maka kendaraan harus dikembalikan pada tempatnya. Kendaraan yang memang punya jalan tersendiri sudah seharusnya tak boleh mengambil jalan khusus pejalan kaki. Selain itu keberadaan angkutan umum di kota juga harus dioptimalkan agar tidak banyak kendaraan pribadi menumpuk di jalanan dan mengganggu pejalan kaki. Sistem parkir kendaraan di kota yang semrawut dan mengambil jalur trotoar juga perlu diperbaiki supaya tidak mengganggu para pejalan kaki. Untuk menciptakan jalanan yang bertujuan maka kota juga harus memiliki banyak zona multifungsi dalam satu area atau wilayah agar mampu membuat pejalan kaki jadi lebih efisien berkegiatan.

Iklan
  1. Harus Aman

Selain bertujuan, untuk menciptakan kota yang ramah pejalan kaki maka jalanan harus aman. Memang saat ini tidak sedikit kota yang membuat pejalan kaki tidak aman ketika berjalan. Dari keadaan trotoar yang rusak dan berlubang, sepeda motor yang masuk jalur trotoar serta tak adanya batas yang jelas antara trotoar dan jalan raya membuat jalanan di kota jadi membahayakan bagi pejalan kaki, Maka dari itu pejalan kaki sangat perlu dilindungi keamanan dan keselamatannya saat berjalan di jalurnya.

  1. Harus Nyaman

Berikutnya, untuk menciptakan kota ramah pejalan kaki adalah dengan membuat pejalan kaki merasakan kenyamanan saat berjalan. Semakin nyaman pejalan kaki merasakan aktivitas berjalan di jalurnya maka semakin ramah kota tersebut untuk pejalan kaki. Untuk bisa menciptakan jalan yang nyaman bagi pejalan kaki ini bisa dilakukan dengan mengkondisikan ruang dan menanam pohon. Mengkondisikan ruang untuk membuat pejalan kaki nyaman bisa diterapkan dengan memberikan tempat duduk di sepanjang jalan. Sementara itu menanam pohon di sepanjang jalur pejalan kaki akan membuat suasana jadi lebih rindang dan sejuk ketika pejalan kaki melintasinya.

  1. Harus Menarik

Terakhir, cara untuk mewujudkan kota ramah pejalan kaki adalah dengan membuat jalanan terlihat menarik. Untuk membuat jalur bagi pejalan kaki yang menarik maka diperlukan sebuah sentuhan arsitektur dan desain. Dengan dua sentuhan tersebut bukan hanya sesuatu yang menarik yang bisa didapat, tapi bukan tidak mungkin kawasan jalur pejalan kaki tadi akan menjadi tempat wisata yang diminati para wisatawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register