Share This Post

Desain

Omah Amoh by Gayuh Budi

Omah Amoh by Gayuh Budi

Umumnya bahan atau meterial sisa pembangunan rumah akan menjadi sesuatu yang tak bernilai dan tak digunakan lagi. Tapi di tangan Gayuh Budi Utomo, seorang arsitek dan juga pemilik Studio Imajinasi Rumah, material sisa bangunan bisa dijadikannya sebuah karya yang luar biasa. Berada di kawasan lingkar Timur Sidoarjo, Jawa Timur, Gayuh Budi Utomo menghadirkan karya arsiteknya bernama Omah Amoh yang mengandalkan material bekas bangunan. Lalu seperti apakah Omah Amoh karya Gayuh Budi yang merupakan sebuah hunian ini? Berikut ulasannya.

Omah Amoh living room

Sumber: www.homify.co.id

Menurut Gayuh Budi Utomo, Omah Amoh ini merupakan bentuk pencarian jati dirinya yang terbaru sebagai arsitek Indonesia. Hunian Omah Amoh yang menggunakan material bekas bangunan ini dianggapnya sebagai wujud penekanan konsep dari yang “ber”fungsikan menjadi “di”fungsikan dan “ter”fungsikan. Beberapa aplikasi bahan bekas pada Omah Amoh ini adalah bekas pintu yang tak terpakai yang digunakan sebagai meja dan rak buku. Rangkaian elektrikal yang pada umumnya ditanam dalam dinding, pada Omah Amoh ini dipasang di luar dan dikaitkan dengan penggantung sehingga dapat berfungsi sebagai pegangan serta sampiran koleksi kain batik.

Iklan

Pada daun jendela Omah Amoh kita tidak akan bisa mendapati kusen keliling. Satu hal lagi yang menarik di rumah Omah Amoh ini adanya adanya rangkaian pemasangan genteng yang bisa membuat udara masuk tanpa membuat air hujan masuk. Satu hal lagi yang disajikan Omah Amoh adalah adanya pemutarbalikkan semisal pada plesteran dinding sebagai finishingan seluruh ruangan. Pada rumah berlantai dua ini kita juga bisa mendapati pemanfaatan material bekas yang di rangkai dan diaplikasikan menjadi dinding yang bisa dibuka tutup.

Omah Amoh  

sumber: www.homify.co.id

Demikianlah Omah Amoh karya Gayuh Budi Utomo yang merupakan bangunan alternatif berkonsep go-green dan ramah lingkungan. Desain dan arsitektur dari Omah Amoh ini pun bisa dijadikan inspirasi pembangunan rumah yang akan Anda rancang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register