Share This Post

Infrastruktur

Pentingnya Infrastruktur Bagi Suatu Negara

Pentingnya Infrastruktur Bagi Suatu Negara

Guna mencapai mensejahterakan masyarakat, negara memang memiliki kewajiban untuk mewujudkan cita-cita nasional. Salah satu cara untuk mencapai tujuan nasional tersebut adalah dengan membangun infrastruktur. Infrastruktur yang berwujud pembangunan sarana dan pra-sarana umum seperti jalan, jembatan, sistem pengairan, sistem kelistrikan dan lainnya memang sangat penting untuk digalakkan.

Manfaat dan Kegunaan Infrastruktur

Dengan adanya pembangunan infrastruktur maka akan banyak manfaat dan kenyamanan yang bisa dirasakan masyarakat. Ketika masyarakat sudah merasakan manfaat dan kenyamanan dari infrastruktur yang ada maka segala sendi kehidupan pun akan semakin berjalan lancar. Saat segala sendi kehidupan berjalan lancar maka kesejahteraan masyarakat pun akan bisa terwujud. Hal ini terjadi karena keberadaan infrastruktur bisa membuat roda perekonomian bergerak dengan lancar.

Iklan

Tapi bila keberadaan infrastruktur di suatu tempat ini buruk maka kesejahteraan masyarakat akan terancam tidak tercapai. Seperti contoh pembangunan jembatan. Bila ada jembatan yang menghubungkan dua daerah ini dibangun maka akan muncul kelancaran akses transportasi antar dua daerah. Ketika transportasi berlangsung baik maka arus distribusi barang juga akan lancar. Saat distribusi barang lancar maka ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pun akan membaik. Dari sini bisa dikatakan bahwa infrastruktur menjadi faktor pendorong roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

Infrastruktur Menurut Sri Mulyani

Bagi negara Indonesia, infrastruktur merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak. Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan negara dengan kondisi geografis yang sangat luas serta dengan jumlah penduduk terbesar keempat dunia. Pernyataan ini sendiri dinyatakan oleh Sri Mulyani, Menteri Keuangan Republik Indonesia.

Masih menurut Sri Mulyani, pembangunan infrastruktur yang digalakkan pemerintah bukan sekedar untuk mempertontontan kemewahan. Tapi pemerintah melakukan hal ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat demi tujuan nasional. Pembangunan infrastruktur sendiri menurut Sri Mulyani merupakan investasi jangka panjang. Karena merupakan investasi jangka panjang maka manfaat dari infrastruktur ini bisa dirasakan dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya sekitar 5, 10 hingga 30 tahun baru manfaat investasi infrastruktur ini bisa dirasakan. Tidak hanya itu, infrastruktur juga bisa menguntungkan karena dapat menarik investor untuk berinvestasi.

Catatan Sebuah Studi Infrastruktur terhadap pertumbuhan Ekonomi

Infrastruktur yang dapat menjadi investasi jangka panjang bagi sebuah negara memang bukan isapan jempol belaka. Sebab hal ini telah diteliti dalam sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat yang memperlihatkan tingkat pengembalian investasi infrastruktur terhadap pertumbuhan ekonomi sebesar 60%. Sebuah studi dari World Bank  tahun 1994 juga menyatakan bahwa infrastruktur di suatu negara memiliki dampak pada elastisitas PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 0,07 sampai dengan 0,44. Catatan ini memberikan arti yakni setiap kenaikan 1 (satu) persen dari ketersediaan infrastruktur akan mampu membuat pertumbuhan PDB sebesar 7% sampai dengan 44%.

Keadaan Infrastruktur di Jawa dan Luar Jawa

Keadaan infrastruktur Indonesia sendiri saat ini terbilang masih memprihatikan. Terutama bila bicara tentang keadaan infrastruktur di luar Pulau Jawa. Demi pemerataan pembangunan dan ekonomi inilah maka pembangunan infrastruktur memang wajib digalakkan oleh pemerintah untuk mewujdukan tujuan dan cita-cita nasional. Meski keadaan infrastruktur di Jawa sudah baik, tapi pemerataan pembangunan di negeri ini belum tercapai karena kondisi di luar Jawa masih memprihatikan.

Hambatan Pembangunan Infrastruktur

Keadaan pembangunan infrastruktur yang tidak merata di Indonesia ini disebabkan adanya hambatan. Hambatan pemerataan pembangunan infrastruktur di Indonesia ini dikarenakan oleh dua faktor penyebab yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal penyebab terhambatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia bisa dikarenakan oleh minimnya anggaran atau juga korupsi para pejabat. Sedangkan untuk faktor eksternal penyebab terhambatnya pembangunan infrastruktur di Indonesia bisa dikarenakan oleh kasus pembebasan tanah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register