Share This Post

Bangunan

Fakta Menarik Burj Khalifa, Gedung Tertinggi di Dunia

Fakta Menarik Burj Khalifa Gedung Tertinggi di Dunia

Peradaban manusia memang akan selalu menghadirkan beberapa mahakarya spektakuler. Salah satu bentuk mahakarya spektakuler peradaban manusia yang bisa kita jumpai saat ini adalah Burj Khalifa. Burj Khalifa sendiri adalah bangunan yang sekarang ini tercatat sebagai gedung yang tertinggi di dunia buatan manusia dengan tinggi 868 meter dan 160 lantai. Tidak hanya tercatat sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa yang diresmikan 4 Januari 2010 juga berhasil mencatatkan beberapa rekor lain. Berikut beberapa fakta dibalik gedung Burj Khalifa yang ada di negara Dubai, Uni Emirat Arab.

  1. Dua Kali Tinggi Empire State dan Tiga Kali Tinggi Menara Eiffel

Jika dibandingkan dengan bangunan lain, Burj Khalifa lebih tinggi dua kali dari gedung Empire State dan lebih tinggi tiga kali dari menara Eiffel. Gedung Empire State sendiri memiliki tinggi 381 meter, sedangkan menara Eiffel memiliki tinggi 300 meter. Begitu tingginya Burj Khalifa membuatnya dapat terlihat dari jarak 95 kilometer.

  1. Pembangunan Burj Khalifa

Pembangunan Burj Khalifa ini menghabiskan dana mencapai 1,5 miliar dollar AS atau setara 40 triliun rupiah. Dalam pengerjaannya yang dirancang oleh perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Engineering and Construction tidak kurang dari 12.000 pekerja dikerahkan untuk mensukseskan pembangunan Burj Khalifa. Desain arsitektur gedung Burj Khalifa sendiri terinspirasi oleh bentuk bunga Hymenocallis dari Yunani.

Iklan
  1. Berat Beton dan Baja

Untuk membangun gedung semegah Burj Khalifa, dibutuhkan beton dengan berat setara100.000 gajah dan baja setara banyaknya baja pada lima pesawat Airbus 380 untuk strukturnya. Sebelum ditempati, berat ksoong Burj Khalifa diperkirakan mempunyai berat kosong sekitar 500.000 ton.

  1. Nama Awal Burj Khalifa

Sebelum bernama Burj Khalifa, gedung ini diberi nama Burj Dubai oleh perancangnya tim arsitek dari Skidmore, Owing, dan Merril dari Amerika. Tapi untuk menghormati pemimpin Abu Dhabi, Syeikh Khalifa bin Zayed al Nahyan yang berhasil menyelamatkan Dubai dari kebangkrutan pada 2009 silam, gedung Burj Dubai pun diganti dengan nama Burj Khalifa.

  1. Proses Pembersihan Kaca Selama Tiga Bulan

Dengan total 260.000 kaca, membuat proses pembersihan kaca di gedung Burj Khalifa ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan. Untuk membersihkan kaca gedung Burj Khalifa sendiri diperlukan 36 orang pekerja dan 12 mesin pembersih khusus.

  1. Kebutuhan Air dan Listrik Burj Khalifa

Dengan statusnya sebagai gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa membutuhkan konsumsi air mencapai 250.000 galon per hari. Sementara itu untuk listrik juga diperlukan tenaga yang sangat besar untuk kebutuhan energi Burj Khalifa seperti untuk menyalakan 360.000 lampu 100 watt.

  1. Restoran, Kolam Renang dan Air Mancur Tertinggi di Dunia

Karena dilantai atas Burj Khalifa ini terdapat restoran, kolam renang dan air mancur, maka beberapa ruangan tadi juga berstatus tertinggi di dunia. Di dalam Burj Khalifa sendiri juga terdapat sekitar 904 apartemen, 304 hotel dan 2957 tempat parkir.

  1. Lift Burj Khalifa

Ada sekitar 58 lift yang ada di Burj Khalifa. Lift di Burj Khalifa sendiri merupakan lift tercepat di dunia karena daat bergerak dengan kecepatan 10 meter per detik atau 60 km per jam. Di lantai paling atas dari Burj Khalifa ini tidak dibutuhkan pendingin ruangan karena mempunyai suhu 15 derajat lebih dingin daripada di lantai dasar.

  1. Catatan Rekor Lainnya

Selain beberapa catatan rekor di atas, Burj Khalifa juga mampu mancatatkan rekor-rekor lain. Beberapa catatan rekor Burj Khalifa lainnya adalah dek observasi outdoor tertinggi di dunia, lantai tertinggi yang dihuni manusia di dunia, bangunan berstruktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia dan juga lift berjarak terjauh di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register