Share This Post

Sosok

Gayuh Budi, Filosofi dan Karya-karya Arsitekturnya

Gayuh Budi Filosofi dan KaryaArsitekturnya

Bicara soal dunia arsitek maka kita tidak bisa melupakan nama Gayuh Budi Utomo. Gayuh Budi atau Gayuh Budi Utomo adalah seorang arsitek asal asal Surabaya yang telah melahirkan beberapa karya desain arsitektur menarik seperti Omah Amoh di Sidoarjo. Untuk tempat berkarya, pria lulusan Arsitektur Universitas Pembangunan Nasional Jawa Timur ini bersama istrinya, Dyan Agustin, mendirikan Studio Imajinasi Rumah. Lalu seperti apakah filosofi desain dan karya-karya yang telah dikerjakan Gayuh Budi ini? Berikut ulasannya.

Membangun Studio Imajinasi Rumah

Pria kelahiran 1976 ini membangun Studio Imajinasi Rumah (Studio ImaRu) dari nol. Setelah pada tahun 2007 keluar dari biro jasa konstruksi (CV Karya Muda), Gayuh dan rekan-rekannya mendirikan Studio ImaRu yang pertama kali berada di lokasi Rungkut dan berpindah kemudian ke Sidoarjo. Dalam setiap pengerjaan desainnya, Studio ImajiRu menurut Gayuh selalu berpedoman pada studi konsep. Bila dilihat dari beberapa bangunan yang telah dikerjakan, desain gayuh memang selalu memiliki desain yang personal dan segar. Bahkan bila menilik bangunan Omah Amoh maka kita bisa mendapati konsep dan desain ramah lingkungan yang sedang menjadi fokus perhatian Gayuh bersama dengan Studio ImaRu.

Iklan

Permainan Warna

Selain berfungsi sebagai tempat berkarya, Studio Imajinasi Rumah yang berada di Pondok Mutiara Indah, Sidoarjo ini juga menjadi hunian atau tempat tinggal bagi keluarga Gayuh Budi. Ketika mendatangi Studio Imajinasi Rumah, kita akan dibuat kagum. Sebab studio ini dibangun dengan konsep arsitektur yang menarik. Hal paling menarik dari Studio Imajinasi rumah adalah adanya banyak permainan warna. Setidaknya kita bisa mendapati 10 warna yang diaplikasikan pada studio ini.

Ternyata dalam setiap desainnya, Gayuh selalu menyukai permainan warna. Selain rumah, beberapa karya yang pernah dikerjakan oleh Gayuh Budi antara lain resort, sekolah, monumen hingga rumah sakit bersalin. Aliran arsitektur yang dipilih oleh Gayuh Budi ini sendiri menurutnya adalah tergolong dekonstruksi untuk merombak cara berpikir.

Rumah Bayangan

Sumber: www.imajinasirumah.blogspot.com

Selain beberapa karya arsitektur di atas, desain menarik dari Gayuh bersama Studio ImaRu adalah rumah bayangan. Dengan memanfaatkan terik sinar matahari, Gayuh mampu membuat rumah yang bisa menampilkan bayangan dengan konsep menarik. Jadi dengan menggunakan pipa, Gayuh berhasil menciptakan bayangan yang jatuh pada bulan tertentu. Bulan yang dipilih gayuh sendiri bukan sembarangan, yakni bulan Maret yang merupakan ulang tahun istri, bulan Mei yang merupakan ulang tahunya dan bulan Desember yang merupakan ulang tahun pernikahan mereka. Sayangnya rumah bayangan ini sudah tak sepeti dulu karena desainnya telah diubah.

Rumah Bunga dan Rumah Aktif

Karya arsitektur lain dari Gayuh Budi dan Rumah ImaRu adalah Rumah Bunga. Sesuai dengan namanya Rumah Bunga ini mengadopsi dari sebuah bunga. Pada awalnya Rumah Bunga ini menggunakan bunga Anggrek sebagai inspirasinya. Tapi karena terkesan sedih maka bunga Anggrek diubah menjadi konsep bunga Matahari. Diambilnya bunga Matahari sebagai inspirasi karena bunga ini dianggap selalu menghangatkan karena terus menghadap matahari. Selain Rumah Bunga, ada lagi karya Gayuh Budi yakni Rumah Aktif. Rumah Aktif yang sebelumnya bernama Rumah Pasif ini mempunyai public space.

Prestasi

Dari segala karya menarik yang dihadirkan Gayuh Budi dan Studio ImaRu, ada catatan prestasi yang kemudian diperoleh. Prestasi pertama adalah nominasi lima terbaik Arsitektur Kontemporer dari Konsulat Jepang tahun 1999. Kemudian pada tahun 2012, Gayuh dan Studio ImaRu juga mendapatkan nominasi Laras Awards 2012.

Harapan

Dengan segala pengalaman yang didapatkan, Gayuh Budi punya harapan untuk studionya yakni agar Studio ImaRu miliknya bisa menjadi tempat gathering bagi para arsitek di Sidoarjo dan sekitarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register