Share This Post

Tata Ruang Kota

Kerusakan Lingkungan Sebagai Kerugian Negara

Kerusakan Lingkungan

Lingkungan berupa tanah, air, udara dan kandungan yang ada di dalamnya yang dimiliki negara memang merupakan aset yang seharusnya dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kepentingan rakyat. Tapi bagaimana bila kemudian lingkungan ini dirusak oleh pihak atau oknum yang tak bertanggung jawab. Tentu hal ini merupakan sesuatu yang sangat merugikan negara. Hal ini dikarenakan dari keadaan lingkungan yang rusak maka negara tidak bisa lagi mengolah dan memanfaatkan sumber daya pada lingkungan untuk kepentingan rakyat. Lalu seperti apa pentingnya lingkungan hingga kemudian kerusakannya dianggap merugikan negara? Berikut ulasannya.

Dampak Kerusakan Lingkungan

Sebagai tempat tinggal dan menunjang kehidupan manusia, lingkungan memang perlu dilestarikan. Jika sampai ada kerusakan lingkungan maka pasti akan ada dampak yang mempengaruhi kehidupan manusia. Beberapa dampak akibat kerusakan lingkungan yang paling sering terjadi adalah banjir, longsor, dan juga kebakaran. Catatan dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sendiri di Indonesia pada Januari-Februari 2017 sudah ada 460 kali banjir, tanah longsor dan puting beliung.

Iklan

Kerusakan lingkungan ini terjadi oleh banyak hal dari faktor alam dan faktor manusia. Faktor alam yang mempengaruhi kerusakan alam adalah terjadinya cuaca ekstrim atau global warming. Sementara itu faktor manusia yang membuat kerusakan lingkungan menjadi penyebab utama dan paling banyak. Kegiatan dan aktivitas manusia yang serakah dengan menggunduli hutan menjadi hal yang sering membuat munculnya tanah longsor dan banjir. Sementara itu pembuangan limbah yang dilakukan secara sembarangan juga akan menjadikan lingkungan air, tanah dan udara jadi terkenda dampaknya. Dan efek terbaru yang paling sering diperbincangkann dunia dari kerusakan lingkungan adalah global warming. Global warming atau peningkatan suhu bumi memang telah menjadi concern semua negara di dunia untuk mengatasinya bersama-sama.

Kerusakan Lingkungan Menyebabkan Kerugian Negara

Selain mengganggu kelangsungan hidup manusia, kerusakan alam yang dilakukan orang atau onkum dapat menyebabkan kerugian negara. Bagaimana tidak, lingkungan yang memiliki banyak kekayaan sumber daya alam tidak akan bisa lagi dikelola oleh negara jika mengalami kerusakan. Apalagi jika berbicara tentang kekayaan alam Indonesia yang begitu melimpah. Maka bila lingkungan alam Indonesia dirusak, pastinya muncul kerugian negara yang bisa mencapai milyaran hingga triliunan rupiah.

Tindakan Hukum Bagi Para Perusak Lingkungan

Orang atau oknum yang melakukan pengrusakan lingkungan ini memang tidak bisa dibiarkan dan harus dijerat dengan hukum. Langkah penegakan hukum untuk menjerat orang-orang yang melakukan pengrusakan lingkungan sendiri sudah diatur dalam perundang-undangan yang ada di negeri ini. Dasar dari penindakan dengan hukum sendiri pastinya adalah untuk membuat jera para okum yang melakukan agar tidak melakukannya lagi. Tindakan hukum ini juga ditegakkan supaya tidak ada oknum lain lagi yang berani melakukan pengrusakan lingkungan.

Langkah KPK

Untuk menjerat para oknum, terutama para pemangku kepentingan atau pejabat yang dengan kekuasannnya melakukan pengrusakan lingkungan, negara telah menetapkan ketentuan hukumnya. Bagi para pejabat negara yang terbukti secara sah melakukan tindak pengrusakan lingkungan, maka KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) untuk pertama kalinya menggunakan kerusakan lingkungan untuk menilai kerugian keuangan negara.

Pejabat yang sudah dikenai ketentuan hukum dari KPK ini sendiri adalah terdakwa Gubernur nonaktif Sulawesi Tenggara, Nur Alam. Dalam kasus Nur Alam, perbuatannya dianggap jaksa telah menyebabkan ekologi pada lokasi tambang di Pulau Kabena yang dikelola PT Anugrah Harisma Barakah berkurang dan musnah. Setidaknya tercatat dan terhitung ada kerugian negara sebesar Rp 2,7 triliun yang diakibatkan oleh kegiatan pertambangan nikel yang dilakukan PT Anugrah Harisma Barakah (AHB) di Pulau Kabaena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register