Share This Post

Bangunan

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bangunan yang Terbuat dari Kayu

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Bangunan yang Terbuat dari Kayu

Rumah dengan material (bahan) kayu saat ini memang menjadi bangunan yang unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Langkanya keberadaan rumah kayu saat ini menjadi faktor yang membuat citra rumah yang terbuat dari kayu ini semakin menawan dan bernilai. Meski ada banyak kelebihan pada rumah yang terbuat dari kayu, tapi dibalik itu juga terdapat beberapa kelemahan (kekurangan). Nah berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan rumah yang terbuat dari kayu.

Kelebihan Rumah Kayu

  1. Memberikan Tampilan Beda

Kelebihan pertama dari rumah yang terbuat dari kayu adalah memberikan tampilan yang berbeda dari rumah lainnya. Kebanyakan rumah sekarang memang terbuat dari tembok bata. Nah dengan membuat rumah dari kayu maka hunian Anda akan tampil beda. Apalagi bila Anda merancang rumah kayu Anda dengan sentuhan arsitektur modern, maka akan semakin menawan rumah Anda.

Iklan
  1. Bernilai Seni dan Artistik

Kayu yang merupakan material dari bahan alam memang akan sangat mumpuni untuk dikreasi menjadi sesuatu yang bernilai seni. Nilai seni yang muncul dari bahan kayu ini dikarenakan adanya tekstur serat dan warna yang beragam. Hal ini karena kayu punya beberapa jenis yang bisa dipilih. Dengan beberapa sentuhan yang Anda lakukan seperti memoles dan mengukir akan makin menjadikan nilai seni pada kayu semakin menawan.

  1. Memberikan Nuansa yang Natural nan Menyejukkan

Ketika melihat atau berada di rumah kayu, kita memang akan merasakan kenyamanan. Hal ini dikarenakan rumah dari kayu memang akan memberikan nuansa alami (natural) dan sejuk. Seperti berada di sebuah hutan yang penuh pepohonan, di rumah kayu ini kita juga bisa merasakan sensasinya. Dengan menggunakan kayu sebagai bahan untuk membuat rumah maka hunian akan terasa menyatu dengan alam. Karena berkesan natural dan menyatu dengan alam maka kesejukan akan terasa saat berada di rumah kayu.

  1. Memiliki Harga Jual Tinggi

Terakhir, kelebihan rumah yang terbuat dari kayu adalah mempunyai harga jual tinggi. Dengan bahan atau material dari kayu pilihan yang berkesan artistik maka rumah Anda akan memiliki nilai yang tinggi. Dari nilai yang tinggi tersebut maka pastinya harga rumah Anda akan menjadi mahal. Kayu sendiri saat ini memang sudah menjadi barang yang langka dan berharga tinggi pada beberapa jenisnya.

Kekurangan Rumah Kayu

  1. Harga Kayu Relatif Mahal

Kelemahan atau kekurangan rumah kayu yang pertama adalah harga bahan yang mahal. Kayu yang semakin langka memang membuat harganya melambung tinggi. Apalagi bila Anda memilih bahan kayu yang berkualitas maka harganya akan semakin mahal. Jadi Anda yang ingin membangun rumah dari kayu harus bersiap dengan dana yang besar.

  1. Proses Kerja Relatif Rumit

Untuk membuat rumah kayu dengan konsep artistik maka memang pemasangan bahannya tak bisa sembarangan. Dari sinilah menjadikan proses pembuatan rumah kayu jauh lebih rumit. Dibutuhkan pemasangan kayu yang akurat dan presisi agar setiap sambungannya tepat dan kokoh. Karena itulah pembangunan rumah kayu ini membutuhkan seorang arsitek yang ahli dan berpengalaman untuk bisa mengaplikasikannya.

  1. Risiko Terhadap Rayap dan Kondisi Alam

Berikutnya, kekurangan rumah berbahan kayu adalah rentan terkena rayap. Rayap memang dikenal sejak dulu sebagai musuh kayu. Selain serangan rayap, rumah dari bahan kayu juga rentan pada kondisi alam seperti panas dan hujan. Dari pengaruh panas dan hujan yang terus menerus memang dapat membuat rumah kayu jadi rentan lapuk dan rusak. Untuk mengatasi serangan rayap dan keadaan alam tersebut, Anda bisa memilih kayu jenis terbaik dan berkualitas.

  1. Risiko Terhadap Kebakaran

Terakhir, kekurangan rumah berbahan kayu adalah punya risiko lebih besar pada kebakaran. Bahan kayu memang akan sangat rentan tersulut api. Nah hal inilah yang membuat rumah kayu punya risiko kebakaran lebih tinggi dibanding rumah dari beton. Tapi untuk meminimalisirnya Anda bisa mengaplikasikan kayu yang relatif lebih tahan terhadap api, terutama pada area dapur.

Contoh Bangunan Rumah dari Bahan Kayu

Untuk Anda yang ingin membangun rumah berbahan kayu ini ada beberapa inspirasi contoh yang bisa dijadikan referensi. Beberapa contoh bangunan rumah berbahan kayu yang bisa Anda jadikan referensi yakni Hazukashi House, Beach House Mornington, Ecospace Espana, Garden Pavilion, The Metropol Parasol, Tillamook Air Museum dan Community Church of Knarvik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register