Share This Post

Tata Ruang Kota

Tangerang Selatan Jadi Kota Paling Layak Huni Di Indonesia

Tangerang Selatan Jadi Kota Paling Layak Huni Di Indonesia

Baru-baru ini sebuah survei bertajuk Most Liveable City Index (MLCI) 2017 menghadirkan sebuah daftar kota layak huni di Indonesia. Semakin bertumbuhnya kota setiap tahunnya dengan membawa segala permasalahan yang ada memang menjadikan kota tersebut menjadi tidak nyaman dan tidak layak untuk ditinggali. Setiap dua tahun sekali Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia memang akan melakukan survei untuk mengetahui persepsi warga kota tentang kelayakan tempat tinggalnya di kota. Selain itu survei yang bisa dijadikan referensi bagi pemerintah ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan indentifikasi awal faktor kritis pembangunan yang melibatkan para ahli perkotaan.

Survei di 26 kota dan 19 provinsi di Indonesia

Survei yang dilakukan pada 19 provinsi dan 26 kota ini menurut Elkana Catur selaku Wakil Sekretariat Jenderal Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) akan sangat berguna bagi banyak pihak. Lebih lanjut Elkana menyatakan bahwa dasar yang digunakan dalam survei adalah hal-hal atau aspek yang diinginkan warga. Setidaknya ada sekitar 29 aspek yang menjadi dasar survei seperti kualitas lingkungan, kebutuhan dasar warga, keamanan dan keselamatan, partisipasi masyarakat, ekonomi, sosial dan budaya, serta sarana dan prasarana kota.

Iklan

Beberapa kota yang disurvei oleh Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia ini antara lain Makassar, Manado, Samarinda, Balikpapan, Banjarmasin, Palangkaraya, Pontianak, Mataram, Denpasar, Malang, Surabaya, Pekalongan, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Depok, Bogor, Jakarta, Tangerang Selatan, Tangerang, Bandar Lampung, Palembang, Pekanbaru, Medan dan Banda Aceh.

Dari survei yang dilakukan kemudian diperoleh data secara keseluruhan (nasional) bahwa ada sekitar 36,8 persen warga yang merasa tidak nyaman tinggal di kota. Sedangkan sisannya yakni 63,2 persen, warga merasa sudah nyaman. Ini artinya dari 26 kota yang disurvei ada persentase 63,2 persen yang merupakan kota layak huni. Karena masih ada kota yang dianggap tidak layak huni maka sebagai pemerintah seharusnya memahami dan segera mengatasi persoalan tersebut.

Tangerang Selatan Jadi Kota Paling Layak Huni

Tangerang Selatan Jadi Kota Paling Layak Huni Di Indonesia

Dari survei yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia ditemukan sebuah temuan menarik yakni masuknya Tangerang Selatan dalam daftar top 5 kota layak huni di Indoensia. Bahkan Tangerang Selatan dengan indeks layak huni mencapai 65,4 persen menduduki posisi pertama sebagai kota layak huni. Setelah Tangerang Selatan, secara berurutan kota layak huni di Indonesia berdasarkan survei yang dilakukan Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Indonesia adalah Solo, Palembang, Balikpapan, Denpasar dan Banjarmasin.

Ekspektasi tinggi terhadap kota metropolitan

Tidak masuknya kota Jakarta dan Bandung dalam daftar 5 top kota layak huni dalam survei tentu mengundang tanya. Mengapa kota yang sudah punya aspek yang komplit ini tidak masuk dalam 5 besar? Elkana menjelaskan bahwa tidak masuknya kota-kota metropolitan tersbeut dikarenakan adanya ekspektasi yang tinggi dari para warganya.

Deretan Kota Berada di Urutan Terbawah Tidak Layak Huni

Dari survei yang ada juga diperoleh data kota yang tidak layak huni karena berada di urutan terbawah. Nah daftar kota tidak layak huni tersebut adalah Pontianak, Depok, Mataram, Tangerang, Banda Aceh, Pekanbaru, Samarinda, Bandar Lampung, Medan, dan Makassar. Yang mengejutkan tentu adalah kota Medan dan Makassar. Sebab sebagai kota yang metropolitan dengan perekonomian yang makin maju, kota Medan dan Makassar ternyata menempati urutan terbawah dalam daftar kota layak huni.

Alasan Kota Masuk Kritera Tidak Layak Huni

Masuknya sebuah kota dalam daftar tidak layak huni ini karena disebabkan oleh beberapa alasan. Alasan kota menjadi tidak layak huni menurut survei ini menurut Elkana adalah kemacetan yang parah, jalur pejalan kaki yang buruk, harga rumah yang semakin tinggi dan juga kurangnya partisipasi warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register