Share This Post

Tata Ruang Kota

Ubud Termasuk Kota yang Paling Ramah Di Dunia

Ubud Termasuk Kota yang Paling Ramah Di Dunia

Sebagai lingkungan tempat tinggal, kota memang harus dapat membuat penduduknya nyaman. Tapi nyaman saja masih belum cukup untuk kota-kota yang sering mendapat kunjungan dari wisatawan. Sebab bila kota tersebut sering dikunjungi pelancong maka faktor keramahan menjadi hal yang penting untuk dimiliki. Dengan keramahan maka wisatawan memang akan menjadi betah untuk tinggal dan mengeksplorasi daerah atau kota tersebut. Lalu kota-kota mana saja di dunia yang memiliki keramahan bagi para pendatangnya? Untuk menjawabnya kita bisa melihatnya dalam daftar 20 kota paling ramah di dunia versi survei dari situs wisata asal Amerika Serikat, Travel & Leisure.

Dalam survei yang dilakukan situs wisata asal Amerika Serikat, Travel & Leisure tersebut, visitor atau netizen diberikan pilihan untuk menentukan berbagai nominasi, termasuk untuk kota paling ramah. Untuk menentukan kota paling ramah di dunia ini ada beberapa penilaian yang diberikan seperti kenyamanan, atraksi budaya, landmark setempat dan kuliner. Dari survei yang dilakukan pada Oktober tahun 2017 ini kemudian didapati hasil daftar 20 negara di dunia paling ramah.

Ubud Masuk Dalam Daftar

Iklan

Setelah berkali-kali mendapatkan penilaian, pada survei kali ini, Ubud kembali masuk dalam daftar kota paling ramah di dunia. Dengan menempati posisi ke-11, Ubud sebagai kota paling ramah mampu mengalahkan kota Sydney di Australia dan juga kota Edinburgh di Skotlandia. Ubud yang berada di pulau dewata Bali memang sering menjadi tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk mengisi liburan. Dengan suasana yang tenang, budaya yang kental dan juga nilai-nilai spiritual yang masih terasa menjadikan Ubud sangat menyenangkan.

Di Ubud sendiri wisatawan bisa melakukan banyak hal menarik. Selain mengunjungi beberapa tempat wisata, traveler juga bisa berjalan-jalan sepanjang kota untuk berbelanja dan berkuliner. Dengan keberadaan beberapa sanggar seni dan geleri kesenian yang ada di Ubud maka wisatawan juga dapat mengikuti kelas menari atau juga membuat kerajinan tangan seperti perhiasan perak. Jalan –jalan ke persawahan tradisional dengan konsep subak di Ubud yang telah diakui UNESCO juga bisa menjadi pengalaman menarik dan tak terlupakan bagi wisatawan.

Bahkan begitu menariknya Ubud, daerah ini pernah dikunjungi mantan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama untuk berlibur dan juga dijadikan tempat atau lokasi syuting film ‘Eat Pray Love’ yang dibintangi Julia Roberts.

Daftar Lengkap Kota Paling Ramah di Dunia Versi Situs Wisata Asal Amerika Serikat, Travel & Leisure

Berikut ini adalah daftar lengkap 20 kota paling ramah versi situs wisata asal Amerika Serikat, Travel & Leisure.

  1. Thimphu, Bhutan
  2. Charleston, AS
  3. Chiang Mai, Thailand
  4. San Miguel de Allende, Meksiko
  5. Queenstown, Selandia Baru
  6. Galway, Irlandia
  7. Dublin, Irlandia
  8. Savannah, Georgia
  9. Luang Prabang, Laos
  10. Cork, Irlandia
  11. Ubud, Indonesia
  12. Edinburgh, Skotlandia
  13. Sydney, Australia
  14. Christchruch, Selandia Baru
  15. Hobart, Tasmania
  16. Auckland, Selandia Baru
  17. Nashville, AS
  18. Siem Reap, Kamboja
  19. Hoi An, Vietnam
  20. Reykjavik, Islandia

Dalam daftar ini, Thimphu, di negara Bhutan menjadi kota paling ramah di dunia. Mengapa negara sekelas Bhutan bisa memiliki kota yang paling ramah? Jawabannya ada pada indikator yang diberikannya. Bila pada umumnya sebuah negara menjadikan indikator berdasarkan GDP (Gross Domestic Product) sebagai ukuran kemajuan ekonomi, Bhutan punya ukuran atau indikator lain kebahagiaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register