Share This Post

Perizinan

Membangun Rumah Dari Kontainer, Perlukah IMB?

Membangun Rumah Dari Kontainer, Perlukah IMB?

Hunian yang dibuat dari kontainer atau peti kemas saat ini memang bisa dijadikan pilihan dan aternatif. Di luar negeri, hunian dari kontainer memang bukan lagi sesuatu yang baru. Sebab sudah banyak orang yang menggunakan kontainer bekas ini sebagai material untuk membuat rumah. Di Indonesia sendiri bangunan rumah dari kontainer belum marak karena masih belum terlalu populer. Hanya ada beberapa resto dan tempat makan di Indonesia, terutama di Jakarta yang telah menggunakan kontainer bekas sebagai tempat berjualan. Meski belum terlalu populer, bukan berarti membangun rumah kontainer ini jadi hal yang dilarang. Anda tetap bisa membuatnya dan tampil beda dengan lainnya.

Menariknya ketika Anda membangun rumah dari kontainer ini maka Anda tidak memerlukan pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan). Kenapa tidak membutuhkan IMB? Sebab rumah kontainer bukan merupakan bangunan permanen dan sifatnya yang bisa dipindah-pindahkan (portable camp). Dari sifatnya ini maka membuat rumah kontainer tidak memerlukan pengurusan IMB (Izin Mengurus Bangunan) dari dinas setempat. Karena tidak perlu mengurus IMB, tentu membuat Anda bisa lebih leluasa dan juga pastinya bisa menghemat biaya ketika membangun rumah kontainer.

Beli Rumah Kontainer Berkualitas

Iklan

Untuk Anda yang ingin membeli rumah kontainer ini bisa mengubungi Adlul Mahbudi selaku owner PT Mandiri Jaya Insani. PT Mandiri Jaya Insani memang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam pembuatan rumah kontainer. Dengan dana Rp 50 juta saja, Anda sudah bisa mendapatkan rumah kontainer ukuran 6 meter dan lebar 2 meter yang dilengkapi instalasi kabel listrik, toilet dan pendingin ruangan. Tapi bila Anda punya desain sendiri untuk rumah kontainer maka bisa jadi biaya pembuatan jadi over budget dari angka Rp 50 juta.

Kelebihan Rumah Kontainer Lainnya

Selain tidak membutuhkan pengurusan IMB, rumah kontainer ini juga memiliki beberapa kelebihan lain seperti :

  1. Biaya Pembuatan Murah

Kelebihan pertama rumah kontainer adalah harganya yang murah. Harga kontainer bekas ukuran 20 feet sendiri saat ini adalah IDR 20 juta-an. Dengan tambahan biaya modifikasi sekitar IDR 10-30 juta-an maka Anda bisa menghemat banyak uang dibanding membangun rumah yang bisa mencapai angka IDR 100 juta-an.

  1. Praktis dan Mudah Dipindah-pindahkan

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa rumah kontainer ini sifatnya tidak permanen. Dari sini maka rumah kontainer pun dapat dengan praktis Anda pindah-pindahkan sesuai kemauan Anda. Mau pindah arah atau pindah tempat, semua bisa dilakukan kapan pun semau Anda.

  1. Tahan Gempa

Indonesia yang berada di garis gempa sirkum mediterania dan sirkum pasifik tentu menjadikan wilayahnya rawan gempa. Nah dengan membangun rumah kontainer maka bangunan Anda akan tahan terhadap gempa. Hal ini dikarenakan kontainer yang berbentuk box dan terbuat dari besi yang saling mengikat satu sama lain membuatnya tahan guncangan. Jadi saat ada gempa pun, rumah kontainer ini akan sulit roboh. Berbeda dengan bangunan rumah dari tembok bata atau beton yang akan berisiko roboh bila terdampak gempa.

  1. Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

Terakhir, kelebihan dari rumah yang terbuat dari kontainer adalah memiliki nilai estetika atau seni yang tinggi. Dengan modifikasi yang dilakukan pada kontainer maka hunian kontainer bisa Anda menjadi bangunan yang mempunyai nilai estetika yang tinggi. Kuncinya Anda hanya perlu sungguh-sungguh dalam mendesain kontainer sehingga menghasilkan karya seni yang membanggakan. Apalagi dengan langkanya rumah kontainer juga akan membuat hunian Anda tampil beda dengan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register