Share This Post

Budaya

Istana Tirta Gangga, Taman Air Peninggalan Kerajaan Karangasem yang Indah dan Mempesona

Istana Tirta Gangga Taman Air Peninggalan Kerajaan Karangasem yang Indah dan Mempesona

Selain dikenal sebagai pulau dengan sajian pantai, pulau dewata Bali juga memiliki beberapa tempat atau destinasi yang sarat sejarah dan budaya. Destinasi yang sarat sejarah dan budaya serta memiliki pemandangan indah adalah Istana Tirta Gangga. Dari penamaannya namanya, Tirta Gangga berasal dari kata Tirta yang artinya air suci dan Gangga yang mengambil nama dari nama sungai di India. Sesuai dengan nama dan artinya, Istana Tirta Gangga memang akan menghadirkan sajian taman air yang indah dan mempesona.

Mata Air Rejasa di Istana Tirta Gangga

Sumber: www.Triptrus.com

Iklan

Taman air di Istana Tirta Gangga ini berasal atau bersumber dari mata air alami bernama mata air rejasa yang jernih, menyejukkan dan berdebit besar. Bahkan begitu besarnya debit air dari mata air rejasa tersebut, ada sepertiga yang dikirim ke rumah-rumah penduduk di Kota Amlapura (ibu kota Karangasem). Sementara itu dua pertiga mata air rejasa yang digunakan untuk mengisi beberapa kolam di Istana Tirta Gangga ini dianggap suci oleh umat Hindu Bali.

Air suci dari mata air rejasa di Istana Tirta Gangga sendiri sering digunakan umat Hindu dalam upacara-upacara keagamaan. Air suci Tirta Gangga ini juga dianggap dan diyakini mampu memurnikan setiap energi buruk di sekitar daerah tersebut.

Sajian dan Tiga Bagian Istana Tirta Gangga

Sumber: www.yukliburan.id

Dengan luas 1,2 hektar, secara umum, Istana Tirta Gangga ini terdiri dari tiga bagian atau tingkatan. Tiga bagian atau tingkatan di Istana Tirta Gangga yakni bangunan tertinggi yang terdapat mata air di bawah pohon beringin, bangunan tengah yang terdapat kolam renang serta bangunan tingkat bawah yang dijumpai kolam hias dengan air mancur. Selain kolam renang, di Istana Tirta Gangga ini kita juga akan mendapati taman yang rimbun serta patung-patung yang artistik. Di bagian kanan istana dari pintu masuk kita juga bisa mendapati sebuah candi yang menjulang tinggi. Dari beberapa pemandangan tersebut maka Istana Tirta Gangga nampak sangat indah saat disaksikan.

Tempat Rileksasi yang Optimal

Di Istana Tirta Gangga khususnya di bagian kolam, pengunjung bisa menyaksikan ikan-ikan hias yang cantik. Tidak hanya itu di sini pengunjung juga bisa berenang dengan sensasi menyegarkan karena air kolamnya yang jernih dan bersih. Selain menyaksikan pemandangan kolam air, ikan hias dan taman yang indah, di Istana Tirta Gangga wisatawan juga bisa melakukan rileksasi maksimal. Hal ini dikarenakan Istana Tirta Gangga yang juga menyuguhkan udara pegunungan yang sejuk. Lokasi Istana Tirta Gangga yang berada di area persawahan semakin menjadikan suasana tenang pedesaan makin terasa dan membuat kegiatan melepas penat makin optimal.

Sejarah Istana Tirta Gangga

Menilik sejarahnya, istana yang berada 83 km dari kota Denpasar ini merupakan bekas peninggalan Kerajaan Karangasem. Dibangun tahun 1946 oleh raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, riwayat Istana Tirta Gangga pernah hancur karena letusan Gunung Agung di tahun 1963. Untungnya, tidak lama setelah itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem kembali membangun lagi Istana Tirta Gangga sekaligus dipromosikan sebagai kawasan wisata. Dengan dijadikannya Istana Tirta Gangga sebagai destinasi wisata maka kita pun bisa mendatanginya dengan membayar tiket masuk sebesar IDR 10.000 untuk wisatawan lokal dan IDR 20.000 untuk wistawan mancanegara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register