Share This Post

Sosok

Silvia Halim, Srikandi Dibalik Konstruksi MRT

Silvia Halim, Srikandi Dibalik Konstruksi MRT

Adanya pengalaman kerja dibidang konstruksi di Singapura membuat Silvia Halim memberanikan diri melamar ke PT. MRT yang memang saat itu sedang membuka rekrutmen untuk tenaga-tenaga profesional di bidang konstruksi. Setelah melamar dan mengikuti beberapa tahapa interviewnya, Silvia Halim dipercaya menduduki posisi Direktur Konstruksi MRT Jakarta. Dengan pengalaman dan kiprahnya yang banyak dalam project management infrastruktur di Singapura membuat wanita kelahiran Jakarta, 35 tahun ini dipercaya untuk menjabat Direktur Konstruksi MRT Jakarta.

Sudah Berpengalaman Dibidang Konstruksi

Wanita yang bergabung dengan MRT Jakarta sejak September 2016 ini mengaku sangat paham dan familiar dengan proyek infrastruktur transportasi, termasuk konsep railway yang akan diterapkan di Indonesia. Jadi saat mengerjakan MRT di Jakarta, Silvia mengaku tidak terlalu mendapatkan kesulitan yang berarti. Di Singapura sendiri, Silvia sudah beberapa kali mengerjakan project sistem transportasi darat dimana satu project terbesarnya adalah road tunnel di interchange yang merupakan junction paling complicated Singapura.

Iklan

Dalam setiap project yang ada, wanita lulusan teknik sipil dari Nanyang Technological University (NTU) Singapura ini selalu mengerjakannya dari awal yakni sejak tahap perencanaan, desain hingga pada pengerjaannya. Jika membicarakan besar masalahnya maka Silvia mengaku bahwa tantangan di Singapura lebih kompleks dibanding di Jakarta. Di Indonesia (Jakarta), Silvia hanya mengeluhkan birokrasi yang terlalu rumit yang dapat menghambat kerjanya.

Tak Canggung Meski Pekerjaannya Adalah Bidang Pria

Di bidang konstruksi, Silvia saat bekerja memang banyak bersinggungan dengan kaum pria. Tapi karena pada awalnya ia tak berpikir apapun tentang pekerjaan pria dan wanita, maka Silvia tak terpengaruh dengan anggapan yang menyatakan konstruksi adalah pekerjaan kaum pria. Pemikiran Silvia tentang pekerjaannya yang umum untuk siapa saja setidaknya telah terbukti dengan tidak adanya perbedaan perlakuan antara dirinya dan kaum pria selama ia bekerja.

Selama Silvia bekerja, ia hanya mendapati ada perbedaan antara kaum pria dan wanita saat menentukan sebuah kebijakan atau menyelesaikan sebuah permasalahan. Selain itu aspek senioritas juga sangat berpengaruh pada bidang pekerjaannya yang dapat membuatnya mendapatkan promosi.

Bekerjasama dengan Bawahan di MRT Jakarta

Dengan sama-sama memiliki disiplin ilmu teknik sipil, Silvia dapat bekerja dengan anak buahnya tanpa hambatan untuk menyelesaikan project MRT di Jakarta. Hal senada juga diungkapkan bawahannya yang sangat nyaman bekerja dengan Silvia karena penguasaannya bidang konstruksi. Bawahan Silvia yang sudah bekerja di MRT Jakarta sejak tahun 2013 juga memudahkan dirinya untuk mengarahkan pekerjaan. Tidak hanya mengarahkan, tapi menurut beberapa bawahannya Silvia juga selalu memberikan motivasi agar setiap pekerjaan dilakukan dengan baik. Tidak hanya itu dalam kepemimpinannya, Silvia juga selalu tepat menempatkan diri ketika diskusi diadakan. Meski memiliki kekuasaan dalam jalannya rapat atau diskusi, Silvia selalu berusaha mengajak semua peserta rapat untuk mengeluarkan pendapat.

Saat bekerja, bawahannya mengakui kredibilitas dan profesionalisme yang ditunjukkan Silvia. Setiap yang dikerjakan, Silvia memang selalu mengerjakannya dengan ketelitian, kecepatan dan komunikasi yang baik. Dengan ilmu yang dimiliki, maka project MRT Jakarta pun saat ini sudah mencapai tahap akhir yang sudah akan siap dioperasikan dalam waktu dekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register