Share This Post

Desain

Inilah One-Sqm-House, Rumah Terkecil di Dunia Karya Van Bo Le-Mentzel

Inilah One-Sqm-House, Rumah Terkecil di Dunia Karya Van Bo Le-Mentzel

Sebagai tempat tinggal, hunian tentu akan menjadi sesuatu yang perlu diusahakan untuk dibuat senyaman mungkin. Salah satu kriteria rumah nyaman adalah adalah ukurannya yang luas dan besar. Tapi bagaimana bila ada rumah yang ada hanya memiliki ukuran satu meter persegi? Bila bicara rumah terkecil di dunia bernama One Sqm House ini maka bukan masalah nyaman atau tidak lagi, tapi ini adalah berkaitan dengan kepraktisan dan harga yang terjangkau. Lalu seperti apa One Sqm House ini? Berikut ulasannya.

Sumber: www.hkw.de

Rumah Terkecil Sedunia Kreasi Van Bo Le-Metnzel

Iklan

Dengan ukuran hanya satu meter persegi maka One Sqm House menyandang status sebagai rumah terkecil di dunia. Meski hanya berukuran 1 meter persegi dan berat hanya 45 kilogram, tapi One Sqm House akan sangat praktis dan mudah untuk dibawa dan dipindah-pindahkan ke mana saja. Kreator rumah unik ini sendiri adalah Van Bo Le-Metnzel, seorang arsitek asal Berlin. Ketika membuat One Sqm House diakui oleh Le-Metnzel bahwa dirinya terinspirasi dari mimpinya menciptakan rumah yang bisa dibawa ke mana saja. Dalam proses pembuatan One Sqm House, Le-Metnzel bekerja sama dengan Corinne Rose dari laboratorium BMW, Guggenheim Berlin.

Spesifikasi One Sqm House

One Sqm House sendiri dibuat dengan hanya satu pintu dan satu jendela. Untuk bahan yang digunakan untuk membuat One Sqm House ini adalah kayu dan kaca pada konstruksi di kedua sisinya. Pada bagian atap kita akan mendapati bentuk kerucut seperti rumah pada umumnya. Karena ukurannya yang kecil maka One Sqm House hanya menghadirkan satu ruangan yang bisa digunakan untuk berteduh. Walau ukurannya terbilang sangat kecil, tapi rumah dapat dipakai untuk tidur di malam hari. Untuk bisa tidur di One Sqm House, Anda harus mengganti posisi rumah dari posisi vertikal jadi horisontal dengan struktur kasur built-in. Dengan adanya roda ada kaki-kakinya di bawahnya, maka One Sqm House ini bisa didorong dan dibawa ke mana pun Anda mau. Menariknya lagi dengan bentuknya, One Sqm House ini bisa dengan mudah diangkat atau digendong.

Banderol Harga One Sqm House

Untuk memiliki One Sqm House ini Anda bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau yakni €250 atau sekitar Rp 4 juta. Harga yang terjangkau dari One Sqm House ini memang ditujukan untuk bisa membantu orang yang tidak cukup uang untuk mempunyai rumah sendiri. Bagi Anda yang tidak ingin membeli One Sqm House, Anda bisa mencoba merasakan sensasi menginap di dalamnya dengan mengunjungi lokakarya di Laboratorium BMW Guggenheim, Berlin. Di lokakarya tersebut, Anda hanya perlu membayar satu euro atau sekitar Rp16 ribu untuk menginap per-malamnya. Meski saat ini One Sqm House masih berada di Berlin, Jerman, tapi rencananya rumah ini akan dibawa keliling dunia dalam sebuah tur untuk diperkenalkan dan dipromosikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register