Share This Post

Bangunan

Lou Ruvo, Bangunan Unik di Las Vegas yang Ternyata Merupakan Tempat Pusat Kesehatan Otak

Lou Ruvo, Bangunan Unik di Las Vegas yang Ternyata Merupakan Tempat Pusat Kesehatan Otak

Biasanya bila kita menyaksikan sebuah bangunan maka akan ada desain arsitektur yang teratur dan presisi. Tapi bila Anda datang ke Kompleks Cleveland Lou Ruvo di Las Vegas, Amerika Serikat, maka kita akan mendapati bangunan yang tak beraturan dan tak presisi. Ini karena Lou Ruvo ini terlihat seperti bangunan yang penyok dan berantakan. Dari sinilah maka bangunan dengan desain aneh ini nampak sangat unik dan berbeda dengan bangunan lainnya.

Meski bangunan ini nampak aneh namun Lou Ruvo merupakan bangunan yang sarat makna dan fungsi. Pasalnya, bangunan yang diarsiteki Frank O Gehry ini adalah tempat penelitian penyakit syaraf dan otot seperti Alzheimer, Parkinson, Huntington dan ALS. Riwayatnya, pembangunan Lou Ruvo ini merupakan tempat penelitian penyakit yang dialami pemain baseball terkenal bernama Lou Gehrig. Bukan hanya tempat penelitian, sebab Lou Ruvo ini juga digunakan sebagai tempat pengajaran untuk mencegah serta mendeteksi dini penyakit-penyakit yang menyerang syaraf tersebut.

Pada dasarnya Lou Ruvo ini merupakan dua bangunan yang dihubungkan oleh teralis baja secara radikal. Anda yang datang ke sini pertama kali akan disambut oleh fasad seperti kaca dalam posisi miring dan juga tebing berupa kubus-kubus berlapis plester. Kemudian nantinya Anda akan melalui jalan masuk via lantai bawah klinik  yang mengarah ke pintu masuk utama dan juga jalan keluar ke pelataran dalam. Menariknya, berada di dalam klinik Lou Ruvo ini sendiri sang arsitek, Gehry membuat suasana yang tidak seperti di rumah sakit.

Iklan

Kemudian untuk bagian pintu, perabotan dan bingkai dari bangunan Lou Ruvo dibuat dari kayu Douglas fir dengan warna madu. Penggunaan kayu Douglas fir sendiri dimaksudkan oleh Gehry untuk menciptakan efek mengagumkan di Walt Disney Concert Hall di LA. Sementara itu pada lengkung-lengkung koridor Lou Ruvo terlihat adanya garis pandang yang dirancang dengan hati-hati. Hal ini dilakukan untuk membatasi interaksi antara pasien yang memiliki tingkatan penyakit berbeda-beda.

Bangunan Lou Ruvo sendiri memiliki 3 ruang utama, yaitu :

  • Ruang utama pertama adalah bangunan medis

Bangunan ini dikhususkan untuk perawatan dan penelitian pada pasien. Di ruangan ini kita akan mendapati berbagai peralatan medis yang dilengkapi dengan eksterior seperti susunan lego berbagai ukuran.

  • Ruang utama kedua adalah serambi di antara bangunan medis dan bangunan Life Activity Center

Serambi yang dibuat dengan menggunakan Stainless Steel ini memiliki area duduk yang terlindung dan sejuk tanpa sengatan sinar matahari langsung. Di area serambi ini kita juga bisa mendapati kafe kecil dan taman untuk tempat peristirahatan.

  • Ruang utama ketiga adalah Life Activity Center

Ruangan Life Activity Center merupakan bagian bangunan yang memiliki pemandangan paling menarik untuk disaksikan karena memiliki desain fasad yang sangat unik gelombang dan berkelok-kelok. Bagian bangunan Lou Ruvo yang juga disebut event space ini mirip aula atau hall yang digunakan untuk tempat diselenggarakannya berbagai event dan kegiatan. Hasil dana yang didapatkan dari event yang digelar di ruang Life Activity Center ini sendiri nantinya dipergunakan untuk penelitian penyakit. Dengan sistem lighting menggunakan lampu LED maka di ruangan ini juga kita bisa menyaksikan efek dramatis di bagian interior ruangan maupun bagian eksterior.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register