Share This Post

Tata Ruang Kota

Inilah Kota Amsterdam, Kota Paling Ramah dan Nyaman Bagi Para Pesepeda

Inilah Kota Amsterdam, Kota Paling Ramah dan Nyaman Bagi Para Pesepeda

Kegiatan bersepeda memang merupakan aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Selain membuat badan sehat, bersepeda juga akan membuat lingkungan sehat karena kendaraan roda dua ini tidak membuat polusi. Begitu pentingnya manfaat bersepeda, membuat beberapa pemerintah kota, terutama kota metropolitan di dunia yang memiliki tingkat polusi yang tinggi menggalakkan gaya hidup bersepeda. Di kota-kota besar di Indonesia sendiri, bersepeda masih belum menjadi budaya. Tapi jika kita melihat kota-kota besar di dunia seperti di Amsterdam, bersepeda telah menjadi kegiatan rutin dan gaya hidup.

Masyarakat di kota-kota besar Eropa seperti Amsterdam memang sudah sudah sadar akan pentingnya bersepeda. Bahkan untuk Kota Amsterdam sendiri, Ibu Kota Belanda tersebut telah mendapat penghargaan sebagai kota paling ramah dan paling akomodatif untuk para pesepeda. Penghargaan ini sendiri datang dari Copenhagenize Index tahun 2013. Copenhagenize sendiri adalah perusahaan konsultasi dan komunikasi yang mengkhususkan diri dalam kaitannya dengan dengan bersepeda. Perusahaan ini rutin memberikan penghargaan Copenhagenize Index yang merupakan pemeringkatan kota-kota di dunia yang ramah sepeda.

Dalam penghargaan tersebut, selain Amsterdam, ada kota lain seperti Copenhagen, Utrecht, Seville dan Bordeaux yang masuk lima besar kota ramah sepeda. Dengan nilai 83, Amsterdam berhasil meraih peringkat tertinggi dalam penghargaan Copenhagenize Index. Dalam penilaiannya, Kota Amsterdam unggul hampir disemua kategori seperti infrastruktur bersepeda, fasilitas bersepeda, budaya bersepeda, program berbagi sepeda, advokasi bersepeda, persepsi keamanan, gender split, berbagi modal, penerimaan sosial, perencanaan kota, peningkatan pangsa modal sejak tahun 2006 hingga lalu lintas yang menenangkan. Penghargaan yang diraih Amsterdam ini sendiri melengkapi apa yang diperolehnya pada tahun 2011 dalam ajang yang sama.

Iklan

Dalam kepentingan politiknya, para pemangku jabatan di Amsterdam juga bersama-sama dan kompak mendukung kegiatan bersepeda sebagai gaya hidup dan budaya. Dari dukungan pemerintah inilah maka Amsterdam sangat cepat membangun atau merevolusi diri sebagai kota ramah sepeda. Dukungan pemerintah kota Amsterdam sendiri sangat nyata dan nampak pada beberapa hal seperti pembangunan infrastrutur sepeda serta perbaikan  sarana dan prasarana kota. Bahkan baru-baru ini Kota Amsterdam telah menambah zona aman bagi pesepeda hingga sepanjang 30 kilometer. Dari sini maka hal ini semakin membuat Kota Amsterdam menjadi sangat aman dan nyaman untuk bersepeda dan juga untuk ditinggali.

Bersepeda di Kota Amterdam ini menjadi kegiatan yang sangat santai dan menyenangkan. Bahkan berada di jalanan utama kota ini pun kita akan merasakan kenyamanan saat bersepeda. Meski Kota Amsterdam telah menjadi kota paling ramah sepeda di dunia, sebenarnya ada beberapa kekurangan yang ada di sana. Untungnya dukungan dari beberapa pemikiran kreatif dan inovatif guna memperbaiki kondisi bersepeda membuat Amsterdam mampu menciptakan atmosfer bersepeda ini semakin hari semakin diminati warga masyarakatnya. Kecintaan masyarakat Amsterdam pada kegiatan bersepeda ini memang terlihat nyata dalam tahun-tahun ini sehingga membuat pemerintah kota semakin antusias mendukung aktivitas favorit penduduknya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register