Share This Post

Tata Ruang Kota

Melihat Lebih Dekat The Urban Redevelopment Authority (URA) Center, Gallery Singapore

Melihat Lebih Dekat The Urban Redevelopment Authority (URA) Center, Gallery Singapore

Bila Anda datang ke Singapura dan ingin melihat bagaimana riwayat negara ini bertransformasi menjadi negara modern seperti saat ini maka Anda bisa datang ke The URA (Urban Redevelopment Authority) Center. The URA Center atau juga disebut Singapore City Gallery ini merupakan sebuah galeri museum yang menghadirkan dokumentasi perkembangan negara Singapura dari tahun ke tahun. Bahkan dokumentasi yang bisa kita saksikan di The URA Center ini bisa kita ketahui sejak 50 tahun yang lalu ketika negara Singapura berdiri yang masih berwujud perkampungan tradisional.

Dalam dokumentasi yang terdapat di The URA Center ini kita bisa melihat seluruh sudut kota Singapura. Menariknya lagi tampilan dokumentasi yang bisa kita saksikan di The URA Center ini terdiri dari beberapa macam model seperti foto atau potret, digital dan juga miniatur atau maket Kota Singapura. Menyaksikan maket negara Singapura ini sendiri membuat kita seperti melihat Singapura dari helikopter.

Sumber gambar: www.ura.gov.sg

Iklan

Selain sebagai galeri museum, The URA Center ini juga berstatus sebagai otoritas yang berada di bawah wewenang Kementerian Pembangunan Nasional Pemerintah Singapura. Otoritas yang didirikan 1 April 1974 ini sendiri bertugas mengatur perencanaan kota Singapura yang memang memiliki lahan yang terbatas untuk pembangunan. Selain mengatur perencanaan kota, The URA Center ini juga memiliki tanggung jawab memfasilitasi keharmonisan tata kota supaya terhindar dari terjadinya segregasi. Tugas lain dari The URA Center sebagai otoritas negara adalah mencari solusi untuk memperbaiki estetika dan mengurangi kemacetan.

The URA Center ini sendiri pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1999 dengan tiga lantai. Dengan semua yang dihadirkan oleh The URA Center tersebut maka ketika kita datang ke sini akan banyak hal yang bisa diperoleh, termasuk tentang konsep pembangunan yang dijalankan negara Singapura dari berbagai macam sudut pandang.

Menuju galeri Period of Progress, kita akan diajak menjejahi waktu untuk menyaksikan perkembangan negara Singapura dari masa ke masa. Di galeri ini kita bisa mendapati gambar-gambar atau foto-foto negara Singapura dari masa lalu hingga sekarang. Menuju ke ruang Vibrant Cities kita dapat menyaksikan sebuah galeri yang menghadirkan adegan aktivitas kehidupan Kota dan peduduk Singapura dari gambar panorama 270 derajat dari matahari terbit sampai terbenam. The URA Center tak hanya menghadirkan perkembangan negara Singapura dari waktu ke waktu, tapi di sini juga bisa melihat Singapura di masa depan. Untuk menyaksikan bagaimana Singapura di masa depan, kita bisa menyaksikannya di area Planning Sustainably.

Meski telah bertransformasi menjadi negara modern, tapi Singapura juga tak melupakan hal lain seperti area hijau dan juga keberadaan bangunan-bangunan yang memiliki nilai historis yang tinggi. Dengan semua yang dihadirkan oleh The URA Center ini maka berkunjung ke The URA Center ini akan membuat kita mendapatkan pengalaman yang mengesankan. Menariknya lagi datang ke sini tak perlu membuat kita merogoh kocek. Pasalnya untuk masuk ke dalam tidak diperlukan biaya apapun alias gratis. Untuk mendatangi The URA Center ini kita harus menuju alamatnya di 45 Maxwell Road, The URA Centre, Singapore 069118, Level 2&3.

Sesuai dengan fungsi URA sebagai otoritas untuk desain perkotaan di Singapura, Pusat URA dikonseptualisasikan oleh arsitek in-house URA yaitu Kenzō Tange Associates dan Kajima Design Asia Pte Ltd menjabat sebagai konsultan desain.

Sesuai dengan slogannya yaitu to make Singapore a great city to live, work and play, URA menyelenggarakan pameran perencanaan umum kota yang reguler dan selalu diperbaharui di tiga lantai pertama markas mereka. Pameran ini disebut juga dengan Singapore City Gallery.

Pameran ini meliputi 2 model skala yaitu pulau Singapura keseluruhan dan kawasan pusat di Singapura. Pameran dan model khusus mengenai proyek dan perkembangan terkini di seluruh pulau juga ditampilkan secara reguler.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

CAPTCHA Validation *

Lost Password

Register