Kontribusi

Tittle
AboutUrban kini membuka kesempatan bagi Anda untuk berkontribusi melalui tulisan dan foto. Ada beberapa ketentuan yang bisa Anda jadikan panduan sebelum mengirim naskah, silahkan disimak :

  • Baca dan cermati artikel yang ada di masing-masing rubrik AboutUrban.com.
  • Sesuaikan naskah Anda dengan rubrik yang dituju.
  • Tidak diperbolehkan menulis artikel yang sama persis dengan artikel yang pernah dimuat di AboutUrban.com.
  • Topik bisa jadi sama, namun sudut pandang penulisan harus berbeda. Ketik saja kata kunci di kolom ‘Search’ untuk memastikan artikel yang Anda tulis telah ada di AboutUrban atau belum.

AboutUrban.com menerapkan dua mekanisme bagi kontributor, yakni:

KONTRIBUTOR “CREDIT TITLE”
Pada mekanisme ini, tulisan yang dikirimkan ke redaksi AboutUrban akan dikurasi dan melalui proses penyuntingan. Jika tulisan hanya memenuhi standar penilaian dapat dinaikkan, maka kontributor akan mendapatkan CREDIT TITLE dalam tiap tulisannya.

KONTRIBUTOR “DENGAN FEE”
Pada mekanisme ini, tulisan yang dikirimkan ke redaksi AboutUrban akan dikurasi dan melalui proses penyuntingan. Ada 2 kondisi yang membuat kontributor berhak mendapatkan reward berupa fee, yaitu:

  • Jika tulisan dinilai layak naik, memiliki standar yang bagus, cukup effortfull dalam penulisan dan mendapatkan hasil tulisan melalui narasumber yang kredibel.
  • Jika ada liputan sebuah event  yang sangat bagus untuk AboutUrban dan memiliki korelasi, baik konten maupun jaringan untuk AboutUrban, maka kontributor berhak mendapatkan fee.

Besaran fee bagi kontributor adalah kisaran Rp50.000 hingga Rp100.000 per tulisan, dengan mempertimbangkan lokasi liputan dan narasumber. Sebelum mengirimkan naskah ke AboutUrban, pastikan hal-hal teknis berikut ini.

  1. Kirimkan naskah dalam format .doc atau .docx.
  2. Panjang naskah antara 500 kata hingga 1500 kata.
  3. Lampirkan bersama (minimal) 3 buah foto berdimensi minimal 1200×600 piksel. Foto bisa berformat lansekap maupun potret dan harus dapat dipergunakan untuk kepentingan komersial. Beri caption pada masing-masing foto.
  4. Jika foto bukan merupakan dokumentasi pribadi, cantumkan sumber foto tersebut di dalam artikel dengan format [tautan sumber foto – nama file foto].
  5. Buat judul yang menarik. Pelajari judul-judul artikel yang telah dimuat di AboutUrban.com.
  6. Naskah harus orisinal dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya di media massa mana pun.
  7. Artikel menggunakan bahasa Indonesia semi-formal. Gunakan EYD dengan benar.
  8. Sertakan foto profil dan biodata pribadi Anda. Tautan blog Anda juga boleh disertakan.
  9. Respon dimuat tidaknya artikel Anda akan dikirim via e-mail paling lambat 7 hari kerja setelah Anda mengirim artikel.

Lost Password

Register